Ckckck.. Klompotan Curanmor yang Diringkus Ini Punya 4 Titik Operasi Berbeda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kriminal

Ckckck.. Klompotan Curanmor yang Diringkus Ini Punya 4 Titik Operasi Berbeda

Pelaku curanmor tertunduk sambil memegang motor sat ekspos di Mapolsek Bengkong, Rabu (24/8). F Dalil Harahap/Batam Pos
ilustrasi

FAJAR.CO.ID, BALIKPAPAN –  Komplotan spesialis pelaku curanmor yang sempat melakukan aksinya pada Kamis (10/11) lalu, berhasil diringkus petugas Jatanras Polres Balikpapan. Keempat pelaku yang masing-masing bernama Hendra (25), Putra (22), Rian (18), dan seorang anak bermasalah hukum (ABH) berinisial RJ (16) ditetapkan sebagai tersangka kasus pencurian kendaraan bermotor dengan empat tempat kejadian perkara (TKP).

Di aksi keempat, tindak kriminalitas mereka harus terhenti lantaran berhasil diungkap. Setelah mendapatkan beberapa laporan kehilangan, petugas yang melakukan penyelidikan berhasil mengenali kawanan pelaku curanmor ini.

Kasat Reskrim Polres Balikpapan AKP Kalfaris T Lalo melalui Kanit Jatanras Ipda Dian Kusnawan mengatakan, para tersangka terakhir kali melakukan curanmor di TKP parkiran Hotel Azahra, Jalan Ruhui Rahayu, Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan.

“Sekitar pukul 07.30 Wita, empat orang anggota komplotan ini melakukan curanmor di kawasan hotel di Gunung Bahagia. Waktu itu korban memarkirkan motornya karena harus bekerja. Tapi keesokan harinya saat akan pulang, motor sudah raib,” ungkapnya. Motor Suzuki Satria FU dengan nomor polisi KT 3759 LS ini kemudian sempat diganti pelat nopol-nya oleh tersangka menjadi KT 5644 KE.

Sepulang kerja, korban mencari kendaraan roda dua miliknya tersebut. Sadar motornya telah lenyap, dia pun masih berusaha mencari. Namun, karena motornya tak berhasil ditemukan, kemudian korban melapor ke Polsek Balikpapan Selatan.

Melakukan penyelidikan, Polsek Balikpapan Selatan bersama petugas Jatanras Polres Balikpapan berhasil mengamankan para tersangka. Tiga di antaranya merupakan warga Telagasari, Balikpapan Kota; sedangkan tersangka Putra adalah warga Kampung Baru Ulu, Balikpapan Barat.  Setelah berhasil diamankan petugas, para pelaku memberikan keterangan kalau mereka mengakui ada tiga TKP lain.

“Selain kawasan Hotel Azahra ini, tiga lokasi lain yang menjadi TKP curanmor komplotan ini adalah Gunung Empat; Puskib, Gunung Sari Ulu; dan Jalan Manuntung, Sepinggan,” sebut Dian. Di beberapa TKP tersebut mereka mencuri sebuah motor Yamaha F1ZR, Suzuki Satria FU, dan Yamaha Mio Sporty.

Melanggar pasal 363 KUHP, para tersangka saat ini telah mendekam di sel Mapolres Balikpapan. Para tersangka selanjutnya akan menjalani proses hukum sesuai tindak kriminal yang mereka lakukan. (bp-21/war/k1)

loading...
Click to comment
To Top