Fahri Hamzah: Ini Penyebab Parlemen Jalanan Marak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Fahri Hamzah: Ini Penyebab Parlemen Jalanan Marak

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menyatakan dalam konstitusi baru diatur kekuatan DPR adalah simbol dari lahirnya kedaulatan berada di tangan rakyat, di samping hak-hak tradisionalnya yakni membuat UU, membahas anggaran bersama pemerintah, dan pengawasan.

“Dalam konstitusi baru diatur DPR memiliki hak representasi, yakni hak untuk mendengarkan pemikiran rakyat dan menyampaikannya kepada pemerintah,” kata Fahri, saat menggelar audiensi dengan Mahasiswa Universitas Presiden, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta (22/11).

Melalui konstitusi baru itu pula lanjutnya, tidak ada lagi sumbatan. “Itulah sebabnya, kalau DPR bekerja dengan sangat baik, maka tidak perlu lagi demonstrasi di luar. Sebab DPR bisa diperankan untuk melakukan teguran kepada pemerintah secara langsung,” kata Fahri.

Menurut wakil rakyat dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Barat itu, saat ini masih ada isu kontemporer di tingkat pemerintahan, yakni inisiatif dari eksekutif mengajak semua partai politik dalam pemerintahan agar bersikap sama dan satu suara.

“Ajakan tersebut akan mengakibatkan elemen-elemen yang bersikap kritis menjadi hilang, karena seolah-olah begitu diberikan jatah posisi satu atau dua menteri dalam kabinet, maka semua yang lain harus bersikap diam,” ungkapnya.

Dia jelaskan, dalam sistem presidential, presiden membuat pemerintahan, tetapi rakyat juga memilih wakilnya di DPR yang diberi kewenangan penuh untuk mengkritik presidennya.

“Kalau sikap kritis DPR direnggut, maka parlemen jalanan yang akan hidup. Tetapi bila DPR dibiarkan bersikap kritis, maka parlemen jalanan akan hilang,” pungkasnya. (Fajar)

loading...
Click to comment
To Top