Pergantian Ketua DPR, Ini Saran Fahri Hamzah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Pergantian Ketua DPR, Ini Saran Fahri Hamzah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah meminta adanya pembicaraan internal antara Ade Komarudin dan Setya Novanto. Itu berkaitan dengan diubahnya kembali posisi ketua DPR berdasarkan hasil rapat pleno DPP Golkar.

“Tentu saya sebagai kawan, sebagai bagian dari kawannya Pak Akom, Pak Nov, membayangkan ini akan ada perbincangan mendalam antara mereka,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/11).

Pembicaraan tersebut agar adanya kesepakatan terkait pergantian tersebut antara kedua belah pihak. Sehingga, pergantian itu berjalan mulus. “Tentu itu akan baik bagi semua. Bagi DPR, Golkar, Pak Nov,” sebut legislator asal NTB itu.

Sementara itu, Fahri mengatakan dirinya sangat memahami posisi Novanto. Baik ketika dia diproses di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) hingga dia memutuskan untuk mengundurkan diri dari kursi ketua DPR.

“Itu kan bukan mundur yang normal. Pak Nov sebetulnya dalam dilema, dia salah atau tidak,” sebutnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, mekanisme pergantian pimpinan DPR dijalankan sesuai UU MD3. Bahwa setiap surat masuk dari fraksi dibahas di rapat pimpinan DPR, badan musyawarah (Bamus) dan paripurna.

“Kalau dikaitkan dengan surat-surat seperti itu. Itu pasti melalui tahapan seperti itu. Memang pergantian pimpinan DPR harus melalui paripurna,” pungkasnya. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top