ACTA: Yang Harus Dijebloskan ke Penjara Itu Ahok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

ACTA: Yang Harus Dijebloskan ke Penjara Itu Ahok

buni-yani

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) Habib Novel Bamukmin buka suara soal penetapan tersangka Buni Yani. Seharusnya, kata dia, kepolisian melakukan penahanan terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok daripada menjadikan Buni Yani tersangka.

Buni Yani merupakan pengunggah video Ahok terkait Surat Al Maidah Ayat 51 ke media sosial.

“Yang bersalah soal UU ITE itu kan Ahok. Itu program dia kan. Apa-apa yang diucapkan Ahok harus direkam dan dishare ke Youtube Pemprov. Nah, justru dari video itu kan kita bisa lihat Ahok dengan sengaja menghina Al-quran,” katanya saat dihubungi, Kamis (24/11).

Menurut Novel, penetapan Buni sebagai tersangka sangatlah keliru. Ia berharap pihak kepolisian tidak terburu-buru menahan Buni. Novel mengaku heran mengapa penetapan Buni sebagai tersangka lebih cepat dari proses hukum Ahok sendiri.

“Kita akan meminta polisi segera melepaskan (Buni Yani). Yang harus dijebloskan ke penjara itu Ahok. Itu sangat keliru sekali. Buni Yani sama seperti yang lain hanya mengupload dan share, itu gak ada yang aneh,” tambahnya.

Sebelumnya, Buni Yani ditetapkan sebagai tersangka setelah menjalani pemeriksaan kurang lebih 10 jam di Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

“Dengan hasil rekonstruksi hukum pengumpulan alat-alat bukti dari penyidik, dengan bukti yang cukup, yang bersangkutan saudara BY kami naikkan statusnya sebagai tersangka,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono.

Adapun pasal yang menjerat Buni Yani adalah Pasal 28 Ayat 2 jo Pasal 45 Ayat 2 UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan hukuman di atas enam tahun penjara dan denda maksimal Rp 1 miliar. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top