Ini Dampak Setelah Ketua DPR Berganti – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Ini Dampak Setelah Ketua DPR Berganti

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Rencana perombakan  kursi ketua DPR diyakini memiliki dampak luas. Pandangan tersebut disampaikan Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus.

Pergantian pimpinan DPR yang bakal terjadi katanya tentu saja berdampak pada konsolidasi DPR dalam mendorong peningkatan kinerja.

“Kehadiran pimpinan baru sudah pasti diikuti oleh perubahan rencana dan target kerja lembaga,” ujarnya kepada JawaPos.com, Kamis (24/11).

Dampak lainnya,  menurut dia adalah, semakin kuatnya pengaruh partai politik dalam menentukan nasib anggotanya di DPR. “Dengan kata lain, otonomi anggota menjadi sesuatu yang mahal di DPR,” sebut dia.

Katanya, jika seorang seperti Ade Komarudin (Akom) yang bahkan tanpa kesalahan bisa diganti kapan saja,  maka sulit mengharapkan terbentuknya sistem yang mendukung kinerja anggota DPR menjadi semakin baik.

“Dengan kata lain, parpol semakin otoriter terhadap anggota dan ini ancaman terhadap independensi anggota sebagai wakil rakyat,” khawatirnya.

Sebagaimana diakui sendiri oleh Partai Golkar, pergantian Akom, murni keinginan partai beringin untuk memulihkan martabat Setya Novanto yang merasa sempat tercoreng dalam kasus Papa Minta Saham.

Walaupun Partai Golkar tidak memberitahukan alasan lain, kata Lucius tampak bahwa ada agenda politik partai yang ingin dijalankan dalam konteks konsolidasi politik nasional.

“Saya kira ini ada kaitannya dengan isu kekinian soal masalah berbangsa.  Dengan Novanto sendiri yang menjadi pimpinan DPR,  maka agenda Golkar akan dengan mudah diwujudnyatakan,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, ini juga berkaitan dengan keinginan pemerintah yang tengah memburu dukungan dari elit nasional. Begitulula di DPR. “DPR untuk memastikan solidnya pemerintahan Jokowi yang tengah diuji belakangan ini,” pungkas Lucius. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top