Hasil Survey IPI, Ahok-Djarot Lengser dari Posisi Pertama – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Hasil Survey IPI, Ahok-Djarot Lengser dari Posisi Pertama

Ahok-Djarot

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Calon gubernur dan wakil gubernur petahana, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat lagi-lagi kurang medapat hasil memuaskan dalam survei Pilgub DKI Jakarta.

Dalam hasil sigi yang dirilis Indikator Politik Indonesia (IPI), pasangan ini hanya menempati posisi kedua, atau kalah dari pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni.

“Dalam perilaku pemilih, isu kinerja petahana punya dampak secara elektoral, isu agama, etnis juga punya dampak secara elektoral,” ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi di kantornya, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (24/11).

Survei dilakukan pada tanggal 15-22 November 2016. Survei ini menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan 798 responden. Margin of Error dari survei ini yakni 3,6 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel tersebar dari seluruh kota yang ada di Jakarta.

“Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni unggul dengan dukungan 30,4 persen, kemudian Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat 26,2 persen dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno 24,5 persen. Yang belum tahu 18,9 persen. Hingga kalau pemilihan sekarang bisa dipastikan tidak ada yang meraih 50 persen suara hingga harus putaran kedua,” imbuh Burhanuddin.

Banjir masih dianggap sebagai masalah utama yang harus diselesaikan Gubernur DKI nantinya. Kemudian dukungan kepada Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam lima bulan terakhir menurun cukup drastis, dalam simulasi terbuka turun 18,6 persen.

“Dari segi kinerja elektabilitas Ahok turun, namun saat ditanya puas atau tidak puas mereka malah menjawab puas terhadap kinerja Ahok. Ini menunjukkan warga DKI sangat rasional dalam menilai. Namun jadi benar-benar aneh kenapa bisa malah tidak memilih dia. Padahal biasanya kalau petahana dinilai baik maka elektabilitasnya juga baik,” ungkap Burhanuddin. (Fajar/rmol/JPG)

loading...
Click to comment
To Top