Pemilih Siluman Pada Pilgub DKI Mulai Terbaca – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Jabodetabek

Pemilih Siluman Pada Pilgub DKI Mulai Terbaca

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Tim Kampanye pasangan calon Gubernur DKI Jakarta, Anies-Sandi, menemukan sebanyak 104.826 pemilih siluman berdasarka hasil penyisiran pada Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Hal ini dibeberkan oleh Wakil Ketua Tim Anies-Sandi, Mohamad Taufik, pada Jumat (25/11).

“Kami sudah bersurat kepada KPU untuk bareng-bareng menyisir. Kalau memang itu pemilih siluman ya harus dicoret. Hasil temuan itu sebenarnya baru 70 persen yang kita sisir,”

Berdasarkan data, dari 104.826 pemilih siluman terkait Nomor Induk Kependudukan (NIK) ganda sebanyak 43.427 pemilih, 1 NIK dengan 3 nama sebanyak 814 pemilih, 1 NIK dengan 4 nama 51 pemilih, 1 NIK dengan 5 nama 17 pemilih, 1 NIK dengan 6 nama 2 pemilih, 1 NIK dengan 8 nama 1 pemilih, tanpa NIK 75 pemilih.

Sementara jumlah pemilih tanpa nomor Kartu Keluarga (KK) sebanyak 59.713 orang dan 726 pemilih dengan nomor KK sama.

“Kami juga menemukan NIK, nama dan alamat sama tapi beda TPS (Tempat Pemungutan Suara) serta NIK sama dengan nama berbeda,” ujar Taufik.

Taufik mengharapkan masalah ini sudah dapat dirampungkan sebelum pengumuman Daftar PemilihbTetap (DPT) pada 8 Desember mendatang.

“Kami mendesak agar DPT terbebas dari pemilih gelap,” tegas politisi Partai Gerindra ini.

Diketahui tercarat ada 7,1 juta jiwa pemilih Pilgub DKI. Berdasarkan data, pemilih siluman mayoritas berdomisili di Jakarta Timur.

“Kalau masalah pemilih siluman ini tidak segera dibereskan akan kita proses hukum,” pungkas Taufik.(rmolJkt/fajar)

Click to comment
To Top