Ribuan Pemilih Belum Miliki E-KTP – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Ribuan Pemilih Belum Miliki E-KTP

FAJAR.CO.ID, HALMAHERA – Sebanyak 7.407 jiwa pilih di Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) belum memiliki e-KTP. Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi KPU Halteng, bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Halteng, Panwaslih dan masing-masing tim pasangan calon bupati dan wakil bupati Halteng di Aula Kantor KPU Halteng, Kamis (24/11).

Data tersebut merupakan hasil penelusuran Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 61 desa pada 10 kecamatan. “Jadi, dari hasil penelusuran PPS, ditemukan 7.409 jiwa pilih belum memiliki e-KTP,” kata Ketua KPU Halteng Haerudin Amir, kemarin.

Haerudin Amir lantas meminta Dukcapil Halteng agar segera melakukan pencocokan penduduk yang belum melakukan perekaman dalam Data Base Kependudukan jatuh tempo penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sementara itu, Sekretaris Dukcapil Halteng Rusmina Ismail mengatakan, saat ini pihaknya masih terus melakukan penelitian dan pencocokan terhadap ribuan jiwa pilih yang belum memiki e-KTP tersebut.

“Soal rincian angka dari temuan sejumlah permasalahan ini, saat ini masih dalam proses perekapan di internal Dinas Capil, dan itu setelah selesai akan disampaikan ke KPU Halteng sehingga menjadi acuan dalam proses DPT untuk Pilkada Halteng 2017 nanti,” kata Rusmina Ismail.

Sementara terkait rencana penambahan 45 Kepala Keluarga (KK) di wilayah Trans Wale, Kecamatan Weda Timur, Halteng, dirinya mengaku belum menerima laporan adanya perpindahan tersebut. “Soal perpindahan penduduk kita belum dapat laporan,” pungkasnya. (FajarJPG/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top