9 Terduga Teroris Provokasi Kericuhan Demo 4/11 Diringkus – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

9 Terduga Teroris Provokasi Kericuhan Demo 4/11 Diringkus

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sembilan terduga teroris yang diringkus Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri beberapa waktu lalu, kini statusnya dijadikan tersangka oleh Polri.

Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar menerangkan, keseluruhan dari sembilan pelaku itu memiliki hubungan langsung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Pelaku teror ini juga aktif memberikan dukungan kepada warga Indonesia yang hendak terbang ke Suriah.

“Pertama penetapan tersangka terhadap Saulihun alias Abu Musibah alias Abu Husniah alias Pak Slamet, dia secara aktif memotivasi untuk dukung ISIS dan baiat mereka, sekaligus fasilitator orang ke Suriah,” kata Boy di Mabes Polri, Sabtu (26/11).

Menurut mantan Kapoltabes Padang itu, dari pemeriksaan diketahui sudah ada yang berhasil diberangkatkan ke Suriah oleh pelaku. Saulihun ini juga sebagai pelaku yang memancing kericuhan aksi damai 4 November lalu.

“Dia langsung berhadapan dengan aparat penegak hukum, berusaha merampas senpi, mereka gagal karena petugas enggak bawa senpi,” tutur Boy.

Lebih lanjut Boy menerangkan, ada Alwandi alias Aseng atau Sabeni, dia adalah baiat di rumah ibadah di Jakarta Pusat. Alwandi juga ikut menyiapkan pemberangkatan ke Suriah, lalu ikut latihan memanah dan penyerangan teror.

Lalu yang ketiga ada Reno Suharsono alias Jek alias Alex, perannya membantu rekan ke Suriah, mulai dari mengantar, lalu menjemput juga.

Keempat ada Dimas Adi Syahputra, alias Hoktok, menurut Boy, pelaku ini pernah ke Suriah melalui jalur pembantuan dari Abu Musaf, namun gagal karena masalah tiket di Sri Lanka. “Dia juga berencana untuk membuah chaos pada aksi 4 November,” terang Boy.

Kelima ada Wahyu Widada, dia ikut proses pelatihan teror dan memperbantukan rekannya yang berangkat ke Suriah.

Kemudian yang keenam ada Ibnu Aji Maulana atau Indra, perannya adalah berlatih teror, lalu menyiapkan misi untuk membuat wilayah Daulah Islamiyah.

Ketujuh ada Fuad alias Abu Ibrohim, perannya tak jauh beda, dia adalah kelompok baiat ISIS danmenyiapkan rekan berangkat ke Suriah.

Yang kedelapan ada Zubair, dia mengikuti kajian yang kilafah. Dan yang kesembilan adalah Agus Setiawan, perannya adalah berlatih, lalu membantu membuat surat palsu, seperti KTP, kartu keluarga, akta kelahiran, buku nikah.

Dari pelaku, Boy menuturkan diketahui ada 26 nama yang sudah diberangkatkan ke Suriah. Nama-nama itu lanjut Boy berujar bakal ditelusuri.

Menurut Boy juga, sembilan pelaku ini adalah kelompok simultan yang penangkapannya sejalan dengan penyelidikan rusuh pada demo 4 November lalu. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top