Dua Bek Andalan Timnas Absen di Semi Final AFF 2016 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

Dua Bek Andalan Timnas Absen di Semi Final AFF 2016

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Indonesia nampaknya akan menghadapi masalah serius di semifinal Piala AFF 2016 nanti. Sebab dipastikan dua bek andalan Indonesia absen di semifinal nanti. Mereka adalah Rudolf Yanto Basna dan Fahcrudin Aryanto terkena akumulasi kartu kuning.

Jika mengacu pada laman Piala AFF 2016 di Wikipedia, pemain dengan dua kartu kuning akan mendapatkan akumulasi kartu. Maka jika ini benar, Fachrudin dan Yanto akan absen pada laga semifinal pertama.

Fachrudin dan Basna mendapatkan kartu kuning pertamanya ketika menghadapi Filipina di partai kedua grup A. Kemudian mereka berdua sama-sama mendapatkan kartu kuning lagi pada pertandingan melawan Singapura.

Padahal kedua bek tengah itu selalu diandalkan Riedl sejak AFF 2016 dimulai, bahkan sejak uji tanding menghadapi Malaysia. Keduanya selalu dimainkan sejak pertandingan di mulai dan belum pernah digantikan di Piala AFF kali ini.
Fachrudin dan Basna merupakan pemain dengan menit bermain terbanyak jika dihitung sejak pertandingan uji tanding melawan Malaysia.

Sementara itu, Fachrudin juga turut menyumbang satu gol saat Indonesia menghadapi Filipina. Ia menjadi pemain Indonesia ke-50 yang berhasil mencetak gol di ajang Piala AFF.

Indonesia memiliki beberapa pemain yang bisa mengisi absensi duet Fachrudin dan Basna. Riedl masih memiliki Gunawan Dwi Chayo, Hansamu Yama dan Manahati Lestusen. Tapi di antara ketiganya, hanya Manahati yang pernah mencicipi permainan sepanjang Piala AFF 2016.

Tapi Manahati pun tidak dimainkan sebagai bek tengah selama bermain di Piala AFF ini. Ia bermain ketika menghadapi Singapura menggantikan Benny Wahyudi di posisi full-back kanan.

Sebelumnya, Manahati pernah dimainkan sebagai full-back kanan ketika partai uji coba melawan Myanmar. Tapi bukan tidak mungkin Manahati akan dipilih Riedl untuk mengisi salah satu kekosongan Fachrudin maupun Basna karena lebih berpengalaman di antara bek tengah lain yang tersisa.

Sementara satu slot kosong lagi akan diperebutkan Gunawan atau Hansamu. Namun Gunawan kemungkinan akan menjadi pilihan utama. Ia pernah membawa Indonesia ke Final Sea Games 2011.

Gunawan juga pernah membawa Sriwijaya FC menjuarai Indonesia Community Shield dan Inter Island Cup 2010. Bahkan, ia merupakan bek tengah yang cukup produktif mencetak gol. Dari 21 laganya bersama Persija Jakarta, Gunawan sudah menjaringkan empat gol ke gawang lawan.

Lalu siapakah yang akan dipilih Riedl untuk mengisi posisi dua bek tengah yang ditinggal Basna dan Fachrudin? Menarik ditunggu. (Fajar/pojoksatu)

Click to comment
To Top