Buat Pengguna Medsos, Simak Nih Pernyataan Kemenkominfo – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Teknologi

Buat Pengguna Medsos, Simak Nih Pernyataan Kemenkominfo

100436_973567_002711_209485_pegang_hp___phubbing___glamour_hoax

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Media sosial (medsos) ibarat bom waktu yang bisa meledak kapan saja. Banyak masyarakat yang tidak menyadari tulisan-tulisan bermuatan negatif yang diposting akan berdampak buruk bagi keutuhan bangsa.

“(Di medsos) Ada orang Muslim, ada orang Kristen, Ateis bahkan orang PKI (partai komunis Indonesia) juga ada. Nah itu akan bertemu di medsos. Hati-hati,” ucap Staf Ahli MenkomInfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Henry Subiakto di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, kemarin.

Henry mengatakan, netizen yang dari berbagai latar belakang suku dan agama tentunya akan mudah terprovokasi dengan informasi-informasi tak jelas dan mengarah pada penghinaan.

Karena itu, dia mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak mudah membagikan berita atau tulisan yang tidak jelas sumbernya. Apalagi muatannya bersifat membawa opini publik kepada kebencian.

“Karena dari kata-katanya (postingan di medsos) saja sudah ketahuan (menghina),” tegasnya.

Seperti diketahui, kasus paling hot belakangan ini tentang penyalahgunaan medsos adalah Buni Yani.

Hasil postingannya berhasil mengarahkan opini publik kepada kebencian terhadap seseorang yang bernama Basuki Tjahaja Purnama.

Walhasil, Buni Yani akhirnya ditetapkan sebagai tersangka karena diduga telah menyebarkan informasi bermuatan negatif.

Untuk diketahui, dalam Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 pasal 27 ayat tiga tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) menyebutkan, seseorang yang dengan sengaja menyebarkan informasi bermuatan penghinaan atau pencemaran nama baik terancam kurungan enam tahun penjara dan atau denda paling banyak Rp 1 miliar. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top