RSUD Banjir, Pasien Panik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

RSUD Banjir, Pasien Panik

KEBANJIRAN. Rumah Sakit Umum Daerah dr Soekardjo Kota Tasikmalaya kemarin (26/11) kebanjiran. Itu setelah Kota Tasikmalaya dilanda hujan deras.

FAJAR.CO.ID, TASIKMALAYA – Halaman RSUD dr Soekardjo Tasikmalaya, tergenang banjir kemarin (26/11). Petugas rumah sakit menutup pintu masuk utama. Pengunjung hanya bisa keluar masuk harus melalui pintu samping ataupun belakang rumah sakit.

Pantauan Radar Tasikmalaya (Fajar Group), genangan air terlihat di blok klinik, loket obat, dan ruang pendaftaran. Selain itu bekas ruangan anak bawah, ruangan rawat inap pasien nomor 5 dan 6 juga tergenang air setinggi betis orang dewasa. Terlihat seorang petugas menyelamatkan berkas-berkas di salah satu ruangan klinik.

Salah satu pengunjung RSUD, Budi Kartika (40) mengaku sedang menjenguk saudaranya. Ketika pulang dia tertahan hujan yang ternyata membuat RSUD sendiri tergenang banjir. “Mau pulang tapi malah hujan, malah banjir begini,” ungkapnya.

Salah seorang mahasiswi prakerin yang menjadi perawat, Cita Widya (18) menjelaskan sekitar pukul 15.00 dia sedang melakukan tugasnya merawat pasien saat hujan deras turun. Dia kaget saat melihat air masuk dari celah bawah pintu yang semakin banyak dan menggenangi ruangan. “Pasien juga sempat panik karena takut airnya terus tinggi,” jelasnya.

Kasubbag Rumah Tangga RSUD dr Soekardjo Agus Prakoso menjelaskan banjir disebabkan volume air di saluran membludak karena menampung pasokan dari jalan-jalan sekitar rumah sakit. Saluran tersebut membuang air ke sungai besar Cimulu Kecamatan Tawang.

“Bukan sungai yang kecil, tapi dibuangnya ke sungai yang besarnya,” tuturnya.

Efek dari banjir ini, kata dia, masih terbilang aman tanpa harus mengevakuasi pasien dari tempat mereka dirawat. Pelayanan kepada para pasien pun ditegaskan tidak terganggung dengan banjir yang terjadi. “Tidak ada kendala kalau soal pelayanan,” pungkasnya.

Sekitar pukul 17.00 ketinggian air di dalam RSUD sudah mulai surut kembali sehubungan hujan yang mulai mereda. Para petugas pun sibuk mengeluarkan sisa-sisa genangan air yang berada di dalam ruangan kecuali di blok klinik karena kondisinya terbilang cukup parah.

Selain di RSUD, genangan juga melanda sejumlah titik jalan seperti Jalan rumah sakit, Jalan Siliwangi, HZ Mustofa, Cikalang, wilayah Cikurubuk, Sutisna Senjaya, SL Tobing dan beberapa titik jalan lainnya. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top