Singapura Kuasai Investasi Asing di Batam – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Singapura Kuasai Investasi Asing di Batam

batam

FAJAR.CO.ID, BATAM – Sejak Kota Batam dibuka pada 1971 sebagai kota industri, investasi asing terus berdatangan. Terbukti dari keseluruhan investasi asing yang ada, Singapura menempati poisi paling atas.

Tercatat di Badan Pengusahaan (BP) Batam, total investasi yang sudah ditanamkannya mencapai 125,12 Miliar Dollar AS atau 26,39 persen dari total investasi di Batam.

“Sedangkan Hongkong menjadi peringkat kedua dengan nilai investasi 107,07 Miliar Dollar AS atau 21,53 persen,” kata Direktur Publikasi dan Humas BP Batam, Purnomo Andiantono yang dilansir Batam Pos (Jawa Pos Group), Minggu (27/11).

Sementara untuk peringkat ketiga ditempati Jepang dengan nilai investasi mencapai 47,44 Miliar Dollar AS atau 10,01 persen. Lalu Malaysia dengan nilai mencapai 12,14 Miliar Dollar AS atau sekitar 2,56 persen menjadi investor asing kelima.

“Sedangkan investasi lainnya didominasi oleh gabungan sejumlah negara yang menanamkan modal di Batam. Nilainya sekitar 148,06 Miliar Dollar AS, atau sekitar 31,23 persen.” tambahnya.

Dia berharap, kondisi Batam terus terjaga sehingga investasi lokal ataupun asing akan terus masuk sehingga mampu memberikan lapangan kerja bagi masyarakat.

“Segala isu terorisme dan kondisi global yang terjadi selama ini belum berpengaruh pada investasi di Batam. Termasuk investor Singapura yang masih menanamkan modal di Batam,” kata Andi.

BP Batam dalam beberapa tahun terakhir lebih menggiatkan promosi ke kawasan Asia mengingat kondisi di Amerika dan Eropa belum sepenuhnya pulih dari krisis global.

Negara Kawasan Asia akan semakin banyak berinvestasi di Kawasan Batam yang terus dibenahi agar lebih menarik. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top