Hasil Survey, Agus-Sylvie Tikung Ahok-Djarot – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Hasil Survey, Agus-Sylvie Tikung Ahok-Djarot

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Lembaga survei Charta Politika Indonesia merilis hasil riset terkait pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017 mendatang.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya mengatakan, tingkat elektabilitas calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta tertinggi ditempati oleh Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni sebesar 29,5 persen.

Kemudian disusul oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat sebesar 28,9 persen. Sedangkan di urutan paling terakahir ditempati pasangan oleh Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebesar 26,7 persen.

“Sedangkan yang tidak menentukan pilihan sebesar 14,9 persen,” ujar Yunarto di Kantor Charta Politika kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (29/11).

Alumnus Universitas Katolik Parahyangan Bandung ini menambahkan, dengan adanya survei tersebut menunjukan, jika Pilgub DKI Jakarta dilakukan pada Selasa 29 November ini, maka akan terjadi dua putaran.

“Karena perolehan angka elektabilitasnya masing-masing calon di bawah 50 persen,” katanya.

Untuk diketahui survei yang dilakukan Charta Politika Indonesia berlangsung dari 17-24 November 2016 atau persisnya Ahok telah dinyatakan sebagai tersangka oleh Bareskrim Polri.

Penetapan tersangka itu  terkait kasus dugaan penistaan agama. Adapun metode survei itu dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Jumlah sampel tersebar 733 responden dari 800 yang direncanakan di enam wilayah DKI Jakarta. Yakni, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu.

Survei ini menggunakan metode acak bertingkat atau multistage random sampling dengan margin of error lebih kurang 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Fajar/JPG)

To Top