Hati-hati, Pekerjaan Ini Berpotensi Picu Penyakit Kanker – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Hati-hati, Pekerjaan Ini Berpotensi Picu Penyakit Kanker

FAJAR.CO.ID – Penyakit kanker dapat menyerang manusia kapan saja. Rutinitas pekerjaan dan gaya hidup setiap hari dapat memicu kanker. Rupanya ada beberapa profesi atau pekerjaan yang lebih rentan dengan penyakit mematikan ini.

Boldsky melansir sejumlah pekerjaan yang berisiko menyebabkan kanker. Waspada, bisa jadi pekerjaan ini menjadi salah satu profesi yang Anda geluti.

  1. Pekerja Shift Malam

Profesi ini rentan terkena risiko penyakit kanker. Bekerja di malam hari yang semestinya menjadi waktu tidur akan buruk bagi kesehatan. Pada wanita bisa saja terpapar kanker payudara, dan pada pria terkena kanker paru-paru.

  1. Karyawan Tetap

Seseorang dengan pekerjaan di depan meja tanpa ada aktivitas fisik lebih berisiko terkena kanker usus, endometrium, payudara atau kanker paru-paru.

  1. Pilot dan Pramugari

Para peneliti mengklaim bahwa pilot dan awak pesawat harus hati-hati dengan UV dan radiasi kosmik. Hal ini disebabkan mereka berada di ketinggian untuk waktu yang lama. Pekerjaan ini memicu penyakit kanker.

  1. Sopir Profesional

Badan Internasional Penelitian Kanker telah membuktikan bahwa asap diesel knalpot bersifat karsinogenik di alam. Oleh karena itu, sopir lebih rentan untuk menderita kanker paru-paru, karena banyak menghirup gas selama berjam-jam.

  1. Karyawan Tambang

Para karyawan ini memiliki risiko lebih besar terkena ginjal dan kanker laring. Sebuah penelitian membuktikan bahwa wanita yang berada dalam bidang ini memiliki risiko 75% lebih besar terkena kanker payudara. Pekerjaan ini kontak langsung dengan logam beracun dan berbahaya bagi perut, otak atau kanker tiroid.

  1. Pekerja Industri Plastik

Pekerja di industri ini rentan terhadap kanker hati atau liver, ginjal dan kanker laring. Hal ini karena mereka terpapar debu kayu dan banyak asap beracun lainnya.

  1. Penata Rambut

Penata rambut secara terus menerus terkena bahan kimia berbahaya  dalam pewarna. Mereka lebih rentan terhadap risiko penyakit kandung kemih, laring dan paru-paru.

  1. Pekerja Konstruksi Bangunan

Pekerja ini paling rentan terpapar kanker kulit  Hal ini disebabkan debu dan asbes. Para profesional lain yang rentan terhadap risiko kanker adalah produsen karet, pekerja daur ulang, petani, mekanik, dan penata rias. (Fajar/JPG)

To Top