Kata Surveinya Yunarto Pilgub DKI Diprediksi Dua Putaran, Bener Nih? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Kata Surveinya Yunarto Pilgub DKI Diprediksi Dua Putaran, Bener Nih?

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Lembaga riset Charta Politika Indonesia merilis hasil survei elektabilitas pasangan calon pada pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017. Hasilnya, duet Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni menempati posisi teratas.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya mengatakan, Agus-Sylvi memiliki elektabilitas sebesar 29,5 persen. Sedangkan pasangan petahana, Basuki T Purnama-Djarot S Hidayat berada di posisi kedua dengan elektabilitas 28,9 persen.

Sedangkan urutan paling bawah ditempati duet Anies Baswedan-Sandiaga Uno dengan elektabilitas 26,7 persen. “Yang tidak menentukan pilihan sebesar 14,9 persen,” ujar Yunarto di kantor Charta Politika, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (29/11).

Pria lulusan Universitas Katolik Parahyangan Bandung itu menambahkan, survei itu menunjukkan jika pemilihan gubernur DKI digelar pada hari ini maka akan terjadi dua putaran.

“Karena perolehan angka elektabilitasnya masing-masing calon di bawah 50 persen,” katanya.

Sekadar informasi, survei Charta Politika Indonesia dilakukan pada 17-24 November 2016. Survei itu dengan sampel 733 responden itu dilakukan sehari setelah Ahok ditetapkan tersangka dugaan penistaan agama.

Responden tersebar di enam wilayah DKI Jakarta, yakni Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu. Survei itu dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Survei ini menggunakan metode acak bertingkat atau multistage random sampling dengan margin of error lebih kurang 3,5 persen. Sedangkan tingkat kepercayaannya 95 persen. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top