Usai Digarap KPK, Hotma Sitompul Bungkam – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Usai Digarap KPK, Hotma Sitompul Bungkam

hotma-sitompul

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengacara senior Hotma Sitompoel rampung menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi terkait proyek pengadaan kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP). Usai diperiksa selama lima jam, Hotma nampak enggan menjawab pertanyaan seputar materi pemeriksaannya hari ini.

Hotma hanya mengaku diperiksa dalam kapasitasnya selaku kuasa hukum dari pihak Kementerian Dalam Negeri.

“Kantor kami adalah lawyer dari Kemendagri,” kata Hotma singkat di depan gedung KPK, Selasa (29/11).

Saat ditanya terkait pengadaan e-KTP pada 2011-2012, dia enggan menanggapinya. “Itu yang enggak boleh. Itu rahasia perusahaan,” ujar Hotma.

Diketahui, Hotma Sitompoel merupakan kuasa hukum pihak Kementerian Dalam Negeri. Pada 2011 lalu, Hotma menyebut pengadaan proyek e-KTP sudah sesuai prosedur dan tidak ada penggelembungan harga yang dilakukan konsorsium.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan dua orang tersangka. Mereka adalah mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Penduduk pada Ditjen Dukcapil Kemendagri, Sugiharto dan Irman selaku mantan Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Dukcapil Kemendgari atau Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Keduanya diduga bersama-sama melakukan perbuatan melawan hukum dalam proyek pengadaan e-KTP. Sehingga menyebabkan kerugian negara senilai Rp 2 triliun.

Dua tersangka itu diduga menyalahgunakan wewenang untuk memperkaya diri sendiri, orang lain atau korporasi terkait pengadaan paket penerapan e-KTP tahun 2011-2012. Disebutkan total nilai proyek e-KTP sebesar Rp 6 triliun. (Fajar/jpg)

loading...
Click to comment
To Top