Bukan Hanya Dilengserkan Golkar, Akom Juga Dipecat MKD – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Politik

Bukan Hanya Dilengserkan Golkar, Akom Juga Dipecat MKD

Ade Komaruddin

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) resmi memberhentikan Ade Komarudin sebagai ketua DPR. Keputusan ini berdasarkan hasil rapat pleno MKD, beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua MKD, Syarifuddin Sudding menjelaskan, dengan keputusan tersebut, Akom, panggilan akrab Ade Komarudin, tidak diperkenankan untuk memimpin alat kelengkapan dewan lagi.

“(Diberhentikan) sebagai ketua DPR, bukan anggota DPR,” ujar Sudding di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Setidaknya ada dua kasus yang menjadi acuan MKD, yakni laporan Komisi VI DPR RI tentang pemindahan mitra kerja ke Komisi XI DPR RI dan satu lagi laporan Baleg tentang RUU Pertembakauan di mana Akom dianggap mengulur-ulur waktu.

“Dalam posisi Pak Akom sebagai ketua DPR, sebagai alat kelengkapan dewan langsung diberhentikan sesuai sanksi yang diatur dalam pasal 21 kode etik huruf b,” jelasnya.

Lanjut Sudding, jika memungkinkan keputusan MKD ini akan dibacakan dalam rapat paripurna yang dimulai pukul 15.00 WIB nanti.

“Bisa iya bisa tidak. Kalau mungkin kan hari ini dibacakan ya dibacakan sesuai mekanisme karena semua surat dari AKD akan dibacakan ke Bamus baru ke paripurna, apakah dimungkinkan hari ini dibawa ke Bamus lalu ke parpurna kita belum tahu,” tandasnya. (Fajar/pojoksatu)

loading...
Click to comment
To Top