Sultra Peringkat 13 Kasus Kekerasan Terhadap Anak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Sultra Peringkat 13 Kasus Kekerasan Terhadap Anak

Kekerasan Seksual Terhadap Anak

FAJAR.CO.ID, KOLAKA – Di Sulawesi Tenggara (Sultra), kasus kekerasan terhadap anak masih cukup tinggi. Dimana dari 34 propinsi yang ada di tanah air, Bumi Anoa menempati urutan 13 dengan persentase kejahatan seksual mencapai 51,7 persen.

“Ini menunjukkan bahwa predator-predator kejahatan seksual terhadap anak di Sultramasih cukup banyak,” kata Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Arist Merdeka Sirait, saat menghadiri kegiatan workshop perlindungan anak di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Kolaka pada Selasa, (29/11) kemarin.

Arist menambahkan, pihaknya sangat menyayangkan kasus kekerasan seksual yang sering terjadi pada anak. Apalagi, kebanyakan pelaku kasus kekerasan seksual terhadap anak adalah orang terdekat korban yang seharusnya menjaga atau melindungi korbannya itu dari ancaman kejahatan.

“Anak itu titipan Tuhan dan juga dambaan keluarga. Tapi, justru yang sering kita dengar atau baca di media, pelaku kejahatannya itu adalah orang tuanya. Bahkan ada yang tega memerkosa anaknya hingga hamil. Itu perbuatan yang sangat menjijikkan,” tukasnya.

Untuk meminimalisir kekerasan terhadap anak, Arist meminta kepada seluruh pihak untuk turut berpartisipasi. Sehingga anak, betul-betul tidak kehilangan haknya sebagaimana yang diatur dalam hak dasar anak yang tercantum pada undang-undang KHA 89/UU PA 35/2014.

“Kami meminta kepada masyarakat, pemda serta pegiat peduli anak untuk berkomitmen menciptakan taman bermain untuk anak supaya anak tidak di rumah terus. Sebab rumah sekarang tidak lagi menjamin keselamatan anak, karena predator itu ada dimana-mana. Selain itu, kami meminta kepada para orangtua untuk menghentikan kekerasan di rumah terhadap anak. Sehingga suatu daerah seperti Kolaka bisa menjadi kota atau kabupaten layak anak,” tuturnya. (Fajar/KP)

loading...
Click to comment
To Top