Beroperasi Penuh di Jakarta, FL Technics Siap Berkontribusi dalam Industri Aviasi Nasional – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Beroperasi Penuh di Jakarta, FL Technics Siap Berkontribusi dalam Industri Aviasi Nasional

Photo: Makruf | Fajar.co.id

FAJAR.CO.ID – Penyedia layanan MRO (Maintenance, Repair and Overhaul) industri penerbangan berbasis one-stop-shop, FL Technics, melalui perusahaan cabang yang berlokasi di Jakarta – PT. Avia Technics Dirgantara (FL Technics Indonesia), hari ini, Kamis (1/12/2016) mengumumkan kehadirannya di industri aviasi nasional.

Perusahaan PMA yang belum lama ini dianugerahi sertifikasi DGCA sebagai salah satu dari 145 perusahaan yang diakui oleh Approved Maintenance Organization (AMO) mengajak para relasi bisnis serta rekan-rekan media untuk memaparkan visi misi serta inovasi-inovasi layanan yang dimiliki perusahaan.

Dalam kesempatan ini, FL Technics memiliki tiga pemaparan yang hendak ditujukan kepada khalayak ramai, yaitu Building Awareness – Educate & Build Interest – Build Consideration.

Building Awareness atau Membangun Kesadaran akan eksistensi FL Technics dalam ranah publik, maupun industri. Pada dasarnya adalah untuk memperkenalkan identitas perusahaan, serta menggabungkan visi-visi global perusahaan seiring dengan kiprah perusahaan di Indonesia.

Adanya pemaparan yang diberikan mengenai bagaimana layanan-layanan diberikan melalui fasilitas-fasilitas yang berbeda dibanding perusahaan-perusahaan MRO sejenis di Indonesia.

Educate & Build Interest pada dasarnya adalah edukasi serta pengembangan minat industri yang telah berjalan terhadap berbagai variasi layanan yang ditawarkan oleh FL Technics. Build Consideration merupakan pemaparan prinsip usaha perusahaan, yaitu Flexibility dan Quality.

Flexibility merupakan gambaran bagaimana layanan-layanan FL Technics dapat memberi benefit kepada para klien potensial. Sementara Quality lebih kepada pendekatan bagaimana meyakinkan pelaku industri untuk menjadi mitra MRO potensial (‘Reason To Believe’).

Dengan diraihnya penghargaan AMO 145 memungkinkan FL Technics untuk melakukan perawatan terhadap armada-armada seperti Airbus A319/A320/A321 serta Boeing 737 NG/CL di fasilitas MRO Asia yang terletak di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Bangunan seluas 9000 m2 dapat menampung tiga pesawat berbadan lebar sekaligus.

“Penampilan fisik sangat krusial bagi setiap perusahaan Eropa yang ingin berkiprah di Asia. Melalui kantor perwakilan ini, kami telah banyak melakukan kegiatan pelatihan, memasok suku cadang serta pengadaan produk PBH (Power-By-The-Hour) di wilayah terdekat,” kata Zilvinas Lapinskas selaku CEO FL Technics.

Namun ia mengaku bahwa untuk ukuran perusahaan MRO, hanya memiliki kantor saja tidak cukup. Karenanya pada tahun 2015 mereka menyewa hanggar MRO di bandara utama di Jakarta, lalu memasuki 2016 FL Technics berinvestasi lebih jauh dengan memasukkan unsur standar Eropa sekaligus membentuk tim spesialis MRO.

“Kini, dengan bangga saya dapat menyatakan FL Technics hadir secara penuh di Asia, dan kami akan terus berada disini,” ujar Lapinkas.

Ia juga mengatakan bahwa fasilitas FL Technics yang berada di Indonesia akan memulai layanan Line Maintenance bagi semua maskapai yang beroperasi menuju/dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Dalam waktu dekat perusahaan ini akan bekerjasama dengan Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, Kalstar Aviation, Airfast Indonesia, K-Mile Air dan maskapai lainnya.

“Saat ini kami memiliki tim kuat sebanyak 40 spesialis perawatan dan staf lainnya yang didatangkan dari Eropa dan juga berasal dari Indonesia.

Semenatara menurut Kepala MRO Centre Indonesia FL Technics, Martynas Grigalavicius, mereka berencana untuk memperbesar tim sebanyak 250 orang di tahun 2017 ketika basis operasi perawatan akan mulai diresmikan.

“Ada sekitar 500 pesawat berbadan ramping Airbus dan Boeing yang beroperasi di Indonesia, Thailand, Vietnam dan negara Asia Pasifik lainnya. Kesemuanya memerlukan dukungan kualitas MRO yang mumpuni – tak lain tak bukan demi keselamatan para penumpang.

Bagi maskapai, hal ini memungkinkan mereka untuk mencapai tingkat efisiensi yang diinginkan dan menerima kepercayaan penuh dari komunitas penerbangan internasional. Kami berharap dengan adanya pengalaman ‘khas Eropa’ ini dapat membuat para maskapai mencapai targetnya semaksimal mungkin,” pungkasnya.

Click to comment
To Top