Perbaiki Pelayanan Publik, Menteri Asman Gandeng BRI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Perbaiki Pelayanan Publik, Menteri Asman Gandeng BRI

menpan-bri
FAJAR.CO.ID JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dalam hal Penyediaan dan Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan, Manajemen Pelayanan serta Teknologi Informasi.
Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan MoU antara Menteri PAN-RB Asman Abnur  dengan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Asmawi Syam di Kantor KemenPAN-RB, Kamis (1/12).
Dalam sambutannya Menteri PAN-RB Asman Abnur menjelaskan, kerjasama ini merupakan langkah kongkrit dari pembicaraan awal beberapa waktu lalu dengan Dirut Bank BRI.
“Kenapa perlu diadakan kerjasama ini? Karena kita inginkan metode dan sistem yang ada diperbankan juga seperti di pelayanan publik,” ujarnya.
Sesuai arahan Presiden Jokowi yang tidak main-main dalam memberantas pungli dan memperbaiki pelayanan publik. Sehingga, dipandang perlu ada reformasi disektor tersebut.
Jika berbicara pelayanan publik, kata Asman, pastinya akan terbayang pelayanan yang ada diperbankan.
“Hal inilah yang akan diterapkan di jajaran Kementerian PAN-RB hingga ke daerah,” ujarnya.
Asman menuturkan, di perbankan, pelayanan selalu utama karena mengedepankan kejelasan, kepastian. Sekaligus, suasana pelayanan yang selalu membuat betah.
“Saat ini banyak kantor pemerintahan suasananya penuh tidak kepastian. Bahkan ada pemda di beberapa daerah yang menyambut bukannya cewek cantik dan ramah tetapi Satpol PP, sambil merokok lagi,” tuturnya.
Kalau pelayanan publik ini sudah diperbaiki, lanjut Asman, maka yang diuntungkan adalah masyarakat.
“Disini masyarakat akan merasakan kehadiran pemerintah. Karena itu kalau menjadi ASN bukan menjadi penguasa, tetapi merasa sebagai pelayanan masyarakat,” paparnya.
Sementara itu, Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Asmawi Syam mengatakan, dengan menjalin kerjasama dengan KemenPAN-RB adalah sebagai wujud nyata ikut dalam melakukan reformasi birokrasi.
“Kami (BRI,red) memiliki layanan perbankan, manajemen perbankan, dan teknologi informasi. Dengan reformasi birokrasi, kami ingin ikut andil dalam membangun kepercayan,” katanya.
Dikatakan Asmawi, kehadiran BRI memiliki makna terhadap reformasi birokrasi. Sebab, BRI milik negara, satelit yang ada di BRI juga milik negara.
“Kami harap penandatanganan Mou ini ada wujud yang bisa dilihat. Kita akan evaluasi hasilnya dan apa yang bisa kita lakukan ke depan untuk kepentingan bangsa dan negara,” kata Asmawi. (idr/fmc)
loading...
Click to comment
To Top