Hahaha… Begini Keseruan Para PSK Jelang Pemulangan Mereka ke Tempat Asal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Hahaha… Begini Keseruan Para PSK Jelang Pemulangan Mereka ke Tempat Asal

TINGGAL KENANGAN - Para penghuni Pembatuan dalam acara lomba Agustusan beberapa waktu lalu.

TINGGAL KENANGAN – Para penghuni Pembatuan dalam acara lomba Agustusan beberapa waktu lalu.

Keberadaan Pekerja Seks Komersial (PSK) di Komplek Pembatuan tinggal hitungan minggu. Jika tak ada aral melintang, Pemko Banjarbaru berencana memulangkan mereka pada pertengahan bulan Desember.
——

Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani mengatakan, saat ini semua persiapan untuk memulangkan para PSK hampir selesai. Dengan begitu, PSK akan mulai dipulangkan pada tanggal (15/12). “Pokoknya tanggal 31 Desember semuanya harus sudah clear,” katanya kepada Radar Banjarmasin.

Ia mengungkapkan, Pemko Banjarbaru baru-baru tadi sudah melapor ke Kementerian Sosial (Kemensos) RI mengenai jumlah PSK valid yang akan dipulangkan. “Kemensos sudah menyetujuinya dan uang jaminan PSK sekarang sudah ada di bank. Jadi tinggal ditransfer saja kalau PSK sudah berada di kampung,” ungkapnya.

PSK sendiri rencananya akan dipulangkan menggunakan kapal laut, dan dilepas langsung oleh Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. “Mudah-mudahan menteri bisa hadir. Kalau tidak bisa jadwal kepulangan akan kita mundurkan, supaya menteri bisa hadir ke sini untuk melepas para PSK,” kata Nadjmi.

Selain jadwal, transportasi untuk memulangkan PSK juga bisa diubah dari kapal laut menjadi pesawat. Hal itu dikarenakan buruknya cuaca pada bulan Desember nanti. “Banyak yang mengeluh, gelombang laut sedang tinggi-tingginya, kami masih mencari solusi dengan Pemprov supaya PSK dipulangkan menggunakan pesawat,” tambah orang nomor satu di Banjarbaru ini.

Lebih lanjut Nadjmi mengatakan, setelah semua pekerja seks berhasil dipulangkan. Pemko Banjarbaru akan segera menyulap lahan seluas 1,5 hektar di dalam kawasan Pembatuan menjadi Komplek Perkantoran. Di mana saat ini besaran ganti rugi telah disetujui oleh para pemiliknya. “Harganya sudah deal sesuai dengan appraisal, jadi dalam waktu dekat akan dibebaskan,” katanya.

Sementara itu, mengenai data valid jumlah PSK yang akan dipulangkan. Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Banjarbaru Hilman mengungkapkan, sesuai dengan verifikasi yang dilakukan data valid PSK berjumlah 346. “Ini sudah perhitungan valid, jumlahnya 346 orang,” ungkapnya.

Ia menuturkan, PSK yang dipulangkan akan mendapatkan bantuan dari Kemensos sebesar Rp5.050.000 per orang. Uang itu diberikan sebagai modal untuk mencari pekerjaan yang lebih layak. “Rinciannya, Rp20 ribu perhari untuk biaya hidup selama tiga bulan. Rp250 ribu untuk ongkos transportasi. Plus Rp3 juta untuk modal awal usaha,” pungkasnya. (ris/by/ran)

Click to comment
To Top