Satu Orang Tewas Selama Operasi Zebra Digelar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Satu Orang Tewas Selama Operasi Zebra Digelar

razia kendaraan

FAJAR.CO.ID, TARAKAN – Operasi Zebra yang digelar Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tarakan pada 16-29 November lalu, menemukan banyak pengendara yang tidak taat aturan berkendara.

Bahkan, pelaksanaan Operasi Zebra tahun ini, juga menemukan kecelakaan lalu lintas di beberapa tempat hingga mengakibatkan korban meninggal dunia.

Kondisi ini, lebih parah dibandingkan hasil Operasi Zebra tahun lalu yang nihil kecelakaan. “Untuk kecelakaan ada peningkatan. Kalau 2015 tidak ada kecelakaan selama operasi, 2016 ada dua kecelakaan dengan akibat meninggal dunia satu. Kemudian laka berat 2, laka ringan 2, kerugian materil Rp 3 juta,” ujar Kapolres Tarakan AKBP Dearystone Michael Hence RoykeSupit melalui Kanit Patwal Satlantas Ipda Sulistyo, Rabu (30/11).

Namun, lanjutnya, secara umum jumlah kasus yang ditemukan selama penindakan berkurang dibanding tahun lalu. Jika pada 2015 denda tilang 431 pelanggaran, teguran 178, dan dikmas (pendidikan masyarakat) lantas sebanyak 209, maka tahun ini hanya pelanggaran tilang 233, teguran 146, dikmas ada 79.

Penurunan jumlah penindakan ini karena sistem operasi yang diterapkan Polres Tarakan berbeda dari tahun lalu. “Tahun lalu kita pusatkan ke stationer pelanggaran tertentu penyebab kecelakaan. Sedangkan 2016 kita utamakan sistem hunting pelanggaran kasat mata, jadi kita tidak harus razia, kita lebih banyak patroli kemudian melakukan penindakan pelanggaran kasat mata,” paparnya.

Dikatakan, paling banyak pelangaran yang ditemukan adalah kurangnya kelengkapan teknis seperti kaca spion, lampu sein, ban, termasuk surat mengemudi dan anak di bawah umur.

Penyebab lainnya adalah tidak menggunakan helm. Padahal, helm menjadi penyebab kecelakaan dengan totalitas paling tinggi yang bisa menyebabkan 90 persen luka dalam di kepala dan bisa mengakibatkan akibat meinggal dunia. Selain itu, pelanggaran rambu lalu lintas juga masih ditemui. (*/mrs/fen)

To Top