WASPADA! Penderita HIV Sudah 610.000 Orang, Jumlah ini Terus Meningkat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kriminal

WASPADA! Penderita HIV Sudah 610.000 Orang, Jumlah ini Terus Meningkat

IlustrasiHIV

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Hari AIDS se-dunia yang diperingati setiap 1 Desember menjadi momentum untuk mencegah penyebaran virus HIV AIDS.

Berbagai kampanye dilakukan untuk menekan jumlah Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) yang terus bertambah. Indonesia negara dengan penduduk yang besar dan sangat padat, dengan berbagai macam budaya, agama, dan latar belakang pendidikan.

Walaupun jumlah penderita HIV masih diperkirakan berjumlah 610.000 orang, kecenderungan pertumbuhan jumlah pasien terus meningkat.

“Berdasarkan hasil penelitian kamo dan data dari UNAIDS serta Kementrian Kesehatan, prevalensi HIV di penduduk Indonesia berkisar 0,4 persen,” kata Pakar HIV AIDS dan Manajer Kerjasama dan Hubungan Alumni Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI), Agung Waluyo, S.Kp, M.Sc, PhD, Kamis (1/12).

Jumlah ODHA di Jakarta sekitar 1,3 persen, di kalangan warga binaan di lembaga pemasyarakatan sekitar 6.5 persen, dan di kelompok pengguna narkotika suntik sekitar 36,4 persen.

Data itu sesuai data UNAIDS 2013, UNODC 2014, DITJENPAS 2012, dan KemKes 2014.

Agung menambahkan saat ini masih cukup memprihatinkan di mana dari seluruh penderita HIV di Indonesia hanya sekitar 17 persen saja yang mendapatkan terapi pengobatan Antiretroviral (ARV).

ARV dapat memperpanjang harapan hidup penderita serta memberikan kehidupan yang normal seperti layaknya orang orang tanpa HIV.

Belum ada obat untuk menyembuhkan infeksi HIV, tapi ada pengobatan yang bisa memperlambat perkembangan penyakit.

ARV adalah beberapa obat yang digunakan untuk mengobati infeksi HIV. Obat-obatan ini tidak membunuh virus, tapi memperlambat pertumbuhan virus.

“Masih banyak pasien merahasiakan status HIV nya dari keluarga dan lingkungan terdekatnya. Mereka takut ketahuan menderita HIV jika mereka mengkonsumsi obat ARV setiap hari,” kata Agung. HIV(cr1/JPG)

loading...
Click to comment
To Top