Robot 6-Exis Disebut-sebut Mampu Mengangkat Beban 8 Kg – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Robot 6-Exis Disebut-sebut Mampu Mengangkat Beban 8 Kg

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Salah satu perusahaan elektronik ternama baru saja meluncurkan robot industrial 6-axis terbarunya. Sebagai perusahaan terdepan untuk robot presisi tinggi SCARA1, Epson memberinya nama Robot C8 Series.

Peluncuran robot C8 series ini melengkapi rangkaian produk robot 6-axis sekaligus lini produk robot SCARA.

Keunggulan dari robot ini adalah mampu membawa beban (payload) tertinggi di dalam rangkaian produk robot Epson dan dipergunakan di industri manufaktur dalam berbagai variasi aplikasi.

Peluncuran produk ini juga merupakan pendorong pertumbuhan Epson untuk bisnis industri dan fokus pada pasar B2B. Produk robot ini akan dipamerkan pertama kalinya dalam acara Manufacturing Indonesia 2016.

Robot C8 Series membawa beban (payload) tertinggi dalam rangkaian robot Epson, mampu menahan beban hingga 8 kg pada kecepatan tinggi dengan getaran minim.

Pengembangan teknologi pada kontrol getarannya menggunakan Quartz Micro Electro Mechanical Systems (QMEMS) Epson dengan indra pada kecepatan sudut dan umpan balik untuk membantu mengurangi getaran secara signifikan selama bergerak.

Salah satu robot paling ringan dikelasnya, robot C8 series memberikan kecepatan dan presisi tinggi pada ruang padat dengan maksimum fleksibilitas – dengan desain lengan yang padat dan badan ramping memberikan pergerakan yang luas untuk ruang sempit.

Epson juga memberikan sensor tekanan terdepan sebagai pilihan dengan robot. Sensor tekanan terbaru memungkinkan robot untuk mengerjakan pekerjaan manufaktur yang kompleks yang membutuhkan presisi tinggi.

Dengan sensor tekanan,saat ini robot dapat “merasakan” tekanan hingga 0.1 Newton dan dapat melakukan pekerjaan seperti perakitan komponen.

Sensor ini juga dapat digunakan untuk mengerjakan tugas yang membutuhkan sensor manusia seperti penggosokan, deburring, memberikan kebebasan kepada manusia dalam hal pengerjaan tugas berulang.

Industri robot dapat juga dilengkapi dengan Epson Vision Guide software sebagai pilihan – pengembangan visi mesin dan sistem proses gambar yang menyediakan interface untuk aplikasi pengembangan robot visi.

Dengan hal ini, robot memiliki kemampuan untuk “melihat” dan mengidentifikasi objek selama proses produksi, memberi kemampuan dalam memilih produk dalam posisi random untuk penempatan dan perakitan presisi tinggi.

“Kami selangkah lebih maju dalam pengembangan robot, kami membayangkan robot dapat bekerja dan mendukung manusia pada industri, dari manufaktur hingga sektor layanan,” kata Ng Ngee Khiang selaku Senior General Manager, Sales & Marketing Division, Epson Indonesia dalam keterangan persnya kepada JPNN.com.

(JPNN) 

Click to comment
To Top