Maling Konsisten! Berkali-kali Masuk Penjara, Tono Tetap dengan Karir Lama, Kali ini Hampir Mati – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Maling Konsisten! Berkali-kali Masuk Penjara, Tono Tetap dengan Karir Lama, Kali ini Hampir Mati

Tono saat tertangkap dan dikeroyok warga

FAJAR.CO.ID, SAMARINDA- Wajah dan nama Tono tak asing bagi polisi. Terutama oleh Polsekta Samarinda Ilir. Pria 28 tahun yang tinggal di Jalan Pelabuhan, Gang Rombong, Kelurahan Pelabuhan, Samarinda Kota itu, adalah maling kambuhan.

Karena kebiasaannya yang suka mencuri, Tono kembali dihajar massa. Ia dibikin hancur warga di Jalan Urip Sumoharjo (eks Jalan Kebaktian), Kelurahan Sidomulyo, Samarinda Ilir, tepatnya di depan swalayan, Jumat (2/12) pukul 10.00 Wita.

Tono adalah residivis pencurian. Dia sempat menjalani hukuman penjara selama tiga bulan sejak Juni 2016. Pada kasus itu, dia tertangkap mencuri di kawasan Jalan Pramuka, Samarinda Ulu.

Nah, kali ini aksi Tono dipergoki Bernard Brian, kernet truk boks. Ketika itu Tono dilihat Brian telah mengambil tas berisi satu unit ponsel yang diletakan di dashboard truk boks.
“Waktu itu saya kebetulan keluar dari swalayan dan membeli pentol. Saya lihat seperti ada seseorang yang mengambil tas. Kebetulan kaca pintunya terbuka,” kata Brian.
Melihat ada maling “menggerayangi” truknya, Brian langsung berlari mengejar sambil berteriak. Teriakan Brian kontan membuat Tono panik dan berusaha kabur dengan mengendarai Yamaha Mio dengan nomor polisi KT 2842 EP warna hitam.

Tapi usaha Tono tak berbuah hasil. Brian yang sudah mendekat langsung menendang sehingga Tono jatuh tersungkur dari motornya. Brian pun bergegas memiting Tono agar tak kabur.
Aksi heroik Brian itu menarik perhatian warga sekitar. Apalagi ketika mengejar Tono yang hendak kabur, Brian berteriak maling.

Tanpa basa basi warga langsung memassa Tono hingga babak belur. Beruntung salah seorang warga bergegas menarik Tono ke dalam swalayan. Warga tak lagi memukulinya.
“Setelah polisi datang dia (Tono, Red) baru dikeluarkan dan dibawa beserta dengan motornya,” ujar Brian.

Kapolresta Samarinda Kombes Pol M Setyobudi Dwi Putro, melalui Kapolsekta Samarinda Ilir Kompol Yovan Fatika didampingi Kanit Reskrim Ipda Purwanto mengatakan, untuk sementara Tono diamankan dan akan dimintai keterangan.   “Dia itu sudah berulang kali melakukan pencurian tapi tak pernah jera. Kami juga masih memintai keterangan saksi-saksi agar bisa menjeratnya,” tandasnya. (kis/oke/nha)

Click to comment
To Top