Baca Nih, Tips untuk Hindari Varises – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Baca Nih, Tips untuk Hindari Varises

FAJAR.CO.ID – APAKAH Anda tiba-tiba melihat warna biru keunguan, berlekuk-lekuk seperti cacing pada kaki Anda, tepat di bawah permukaan kulit?

Ini adalah pembuluh darah bengkak yang disebut varises.

Karena kombinasi ampuh faktor fisiologis, banyak wanita mengalami varises selama kehamilan.

Ketika parah, mereka bisa menyebabkan sakit kaki dan gejala fisik menyakitkan lainnya.

Varises terjadi paling umum pada kaki karena tantangan fisik yang melekat dalam memompa darah dari kaki dan melawan gravitasi ke jantung. S

itus umum lainnya untuk varises meliputi vulva dan rektum (ini disebut wasir).

Varises kadang-kadang memberi tekanan pada kapiler yang menyebabkan spider veins, pembuluh darah kecil di dekat permukaan kulit yang sering muncul dalam pola sunburst.

Berikut ini tips menghindari varicose veins, seperti dilansir laman India Times:

  1. 1. Anda harus aktif secara fisik

Ini bukan cara yang pasti untuk menyembuhkan mereka, tetapi olahraga teratur bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah darah dari berkumpul di pembuluh darah.

Otot-otot yang aktif dan bekerja dari kaki akan berkontraksi dan mendorong darah melalui pembuluh darah kembali ke jantung.

  1. Tambahkan vitamin C dan lebih banyak protein untuk diet Anda

Pastikan bahwa Anda cukup mengonsumsi vitamin C dan protein untuk tubuh Anda karena mereka adalah komponen penting dari kolagen.

  1. Menurunkan berat badan

Berat badan yang berlebihan tidak hanya memberi tekanan pada sistem Anda tapi juga membuat Anda lesu.

Akibatnya, kaki orang yang kelebihan berat badan tidak mampu memompa kembali darah ke jantung yang akhirnya menyebabkan varises.

  1. Jangan berdiri atau duduk terlalu lama

Terlalu lama duduk atau berdiri di satu tempat bisa memperlambat proses pemompaan darah dalam tubuh, sehingga sangat penting untuk berdiri, meregangkan kaki Anda dan berjalan-jalan setiap setengah jam.

Tetapi jika pekerjaan Anda mengharuskan berdiri selama berjam-jam, Anda bisa mengambil istirahat secara teratur dan duduk selama beberapa menit.

  1. Menggerakkan kaki

Toning otot kaki Anda dengan menekuk kaki Anda naik dan turun membantu untuk mengedarkan darah secara benar di pembuluh darah.

Melenturkan kaki Anda naik dan turun selama 5 menit sementara Anda tetap duduk. Memutar searah jarum jam kaki Anda dan berlawanan arah jarum jam selama 5 menit. Lakukan latihan kaki setiap hari untuk mencegah varises.

  1. Periksa sejarah keluarga Anda

Varises juga bisa menjadi masalah keturunan. Beberapa kesalahan dalam gen bisa menjadi alasan masalah vaskular ini. Jika Anda memiliki riwayat keluarga varises, tidak ada salahnya Anda mulai mengikuti langkah-langkah pencegahan. (Fajar/jpnn)

To Top