Makin Tegas, Tiap Minggu Malaysia Deportasi WNI yang Bermasalah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Makin Tegas, Tiap Minggu Malaysia Deportasi WNI yang Bermasalah

Ilistrasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-Pemerintah Malaysia kembali melakukan deportasi terhadap Buruh Migran Indonesia (BMI) yang tersandung berbagai kasus di Malaysia. Tak tangung-tangung, deportasi dilakukan tiap minggu dengan jumlah deportan hingga ratusan orang.

Kali ini, ada 33 orang yang dipulangkan dari Sandakan, Sabah, Malaysia menggunakan Kapal Motor (KM) Labuan Express pada Kamis (1/11) malam. BMI yang dipulangkan paksa ini tersandung sejumlah kasus dan telah menyelesaikan masa hukumannya di Pusat Tahanan Sementara (PTS) Sandakan, Malaysia.

Kepala Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, Nasution mengatakan, saat ini Pemerintah Malaysia tiap minggu melakukan deportasi. Terkadang dalam seminggu dilakukan dua kali dan masih banyak BMI yang ditahan di beberapa PTS wilayah Sabah.

“Hari Kamis sudah langganan untuk deportasi, namun kali ini tidak terlalu banyak, tidak sampai ratusan orang,” kata Nasution kepada Radar Nunukan (Jawa Pos Group), Senin (5/12).

Seperti deportasi sebelumnya, kasus keimigrasian masih mendominiasi, deportasi kali ini dari 33 orang melakukan pelanggaran keimigrasian. Sedangkan, untuk kasus lainnya, seperti narkoba dan kasus kriminal tidak ada.

“Kali ini juga tidak ada anak-anak yang ikut dideportasi, dari 33 orang itu ada 28 laki-laki dan lima orang perempuan dewasa,” ujar Dion sapaan akrabnya.

Ketika para BMI masih memiliki keberanian untuk ke Tawau dengan jalur ilegal, maka deportasi tidak akan pernah berhenti. Banyak WNI yang ke Tawau tanpa memiliki dokumen lengkap, sehingga ketika saat bekerja dan didatangi aparat kepolisian Malaysia tentu tidak dapat berbuat banyak ketika tidak bisa memperlihatkan paspor. (fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top