Empat Kebiasaan Ini Perlahan-lahan Bisa Membunuhmu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Empat Kebiasaan Ini Perlahan-lahan Bisa Membunuhmu

FAJAR.CO.ID – GAYA hidup yang tidak sehat bisa membunuh Anda. Menurut penelitian, lebih dari 90 persen orang-orang mengikuti gaya hidup yang bisa memicu stres. Karena dua kebiasaan ini, tingkat tekanan darah, jantung dan otak yang menjadi korbannya.

Sebaliknya, mengikuti gaya hidup bebas stres bisa membuat hidup Anda lebih lama. Para ahli menyatakan jika Anda menjalani gaya hidup yang sehat, maka kemungkinan besar akan mengalami kehidupan yang jauh lebih baik.

Meskipun sulit menjalankan pola hidup sehat terutama setelah 40 tahun, tapi ketika melewati usia tertentu, Anda perlu bersantai karena hal-hal kecil bisa memicu masalah kesehatan.

Mengapa tidak mengubah hidup Anda mulai dari sekarang?

Berikut ini kebiasaan sehari-hari yang bisa membunuh Anda, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Selasa (6/12).

1. Menambahkan pemanis ke dalam kopi.

Bagi orang dewasa yang super sibuk, kopi merupakan bagian yang sangat penting.

Tapi hati-hati juga, karena siapa saja yang suka membuat minuman kopi jauh lebih manis, malah bisa menambah hingga 50 kalori hanya dengan mencampur beberapa sendok gula.

Menurut pusat pengendalian dan pencegahan penyakit, terlalu banyak tambahan gula bisa menyebabkan obesitas, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Selain tetap aktif, CDC merekomendasikan memotong kalori dari gula yang ditambahkan untuk mengurangi risiko masalah kesehatan yang bisa mengakibatkan kematian dini.

2. Ngemil nonstop.

Ngemil sepanjang hari membuat kadar gula darah semakin naik, namun Anda bisa menghindarinya asalkan memilih makanan ringan dengan bijaksana.

Ganti menu snack Anda dari junk food ke buah-buahan yang tentu saja menyehatkan tubuh.

3. Menonton TV terlalu sering.

Kebanyakan orang tahu bahwa menonton TV tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi Anda mungkin akan terkejut mendengar bahwa menonton TV terlalu sering bisa menyebabkan beberapa konsekuensi serius.

Menurut penelitian yang dilaporkan pada USA Today, orang yang menonton TV setidaknya tiga jam sehari memiliki dua kali risiko kematian dini.

Menonton adalah sifat pasif, aktivitas menetap dan tentu saja orang-orang yang melakukannya selama berjam-jam tidak memperhatikan segi gaya hidup mereka dan diet.

Selain itu, ketika Anda menetap terlalu lama, pembuluh darah menjadi kaku sehingga mengakibatkan penumpukan kolesterol dalam arteri.

4. Mengonsumsi painkiller terlalu sering.

Terlalu sering menggunakan obat penghilang rasa sakit/painkiller bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius dalam waktu yang tidak begitu lama.

Seiring waktu, penggunaan obat-obatan seperti ibuprofen atau aspirin bisa meningkatkan risiko ulkus, perdarahan gastrointestinal, tekanan darah tinggi dan serangan jantung. (Fajar/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top