Jadi Tersangka Makar, Rachmawati Tegaskan Tidak Ajukan Praperadilan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Jadi Tersangka Makar, Rachmawati Tegaskan Tidak Ajukan Praperadilan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Rachmawati Soekarnoputri memberikan keterangan pers terkait tudingan makar dirinya. Dia bertatap muka dengan media di Jalan Jati Padang Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (7/12) siang.

Ketika itu, dia didampingi Yusril Ihza Mahendra selaku kuasa hukumnya. Dia berkata bahwa pihaknya tidak akan mengajukan upaya hukum praperadilan terhadap status tersangka putri proklamator kemerdekaan RI Ir Soekarno itu.

“Saya sebagai kuasa hukum, berharap kasus tidak dilimpahkan. Sampai di sini saja tidak perlu dilanjutkan,” ucap Yusril di lokasi.

Dia menerangkan, tuduhan makar yang ditujukan ke Rachmawati tidak tepat sasaran. Sebab, makar dalam undang-undang, didefenisikannya sebagai upaya penggulingan terhadap pemerintah yang berkuasa.

Sedangkan Rachmawati dan sejumlah tokoh lainnya yang tergabung dalam Gerakan Selamatkan NKRI hanya meminta MPR untuk kembali ke naskah asli UUD 1945.

“Tidak ada niat tindakan makar menggulingkan pemerintah yang sah. Tapi tujuannya kembali ke UUD melalui saluran yang konstitusional. Semua jalur yang ditempuh saya tegaskan sudah konstitusional,” terang dia.

Dia juga meminta agar Polri tidak memproses sangkaan makar kepada Rachmawati. Apalagi sampai melakukan penahanan.

“Harap demikianlah. Kami, Ibu Rachmawati tidak akan mengajukan praperadilan. Mudah-mudahan apa disangkakan sampai berakhir di sini saja,” tukas dia. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top