Perceraian Meningkat, Wanita Makin Berani Menjanda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Perceraian Meningkat, Wanita Makin Berani Menjanda

FAJAR.CO.ID, MEDAN – Kasus perceraian semakin hari terus meningkat. Ironisnya gugatan itu banyak dilayangkan oleh kaum perempuan.

Upaya itu menunjukkan kaum hawa semakin berani mengambil pilihan hidup dengan status janda.

Kasus ini sebagaimana yang terjadi di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Di Pengadilan Agama Medan Kelas I-A, sepanjang Januari hingga November 2016, sebanyak 1.886 isteri mendaftarkan gugatan cerai terhadap suaminya.

Jumri, staf Panitera Sekretaris Pengadilan Agama Medan menyebutkan, untuk gugatan cerai isteri terhadap suami yang disidangkan selama 2016 ada 2.210 perkara.

Jumlah itu terdiri dari sisa perkara Desember 2015 yang belum diputus sebanyak 424 gugatan.

Dikatakatan Jumri, dari 2.210 gugatan tersebut, ada 1.556 gugatan sudah dikabulkan pihaknya. Namun, ada juga yang mencabut gugatan berjumlah 121.

“Untuk sisanya, ada yang ditolak atau tidak diterima, karena administrasi yang tidak lengkap,” ungkap Jumri yang dilansir Sumut Pos (Jawa Pos Group), Kamis (8/12).

Lebih jauh dia mengatakan, semakin tingginya gugat cerai yang dilayangkan kaum hawa dipicu tidak ada tanggung jawab, tidak ada keharmonisan, gangguan pihak ketiga, faktor ekonomi.

Selain itu ada kekejaman mental, faktor kekejaman jasmani, faktor krisis akhlak. “Ada juga faktor politis, faktor dihukum penjara, politis, cacat biologis dan lain-lain,” papar Jumri. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top