Waspada! Ini Jenis Kanker yang Mengincar Orang Gemuk – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Waspada! Ini Jenis Kanker yang Mengincar Orang Gemuk

FAJAR.CO.ID – KELEBIHAN berat badan atau obesitas membawa risiko kanker bahkan lebih dari yang diperkirakan sebelumnya.

Para peneliti dari Badan Internasional untuk Penelitian Kanker meneliti lebih dari 1.000 studi dan menemukan bahwa obesitas meningkatkan risiko untuk 13 jenis kanker, delapan telah dikaitkan dengan berat badan.

Bahkan, sekitar sembila persen dari semua kanker mungkin karena obesitas, menurut studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine.

“Jika Anda memiliki berat badan normal, maka Anda bisa terhindar dari kanker,” kata ketua kelompok kerja IARC, Graham Colditz, seperti dilansir laman Prevention.

Berikut ini beberapa jenis kanker berpotensi pada orang gemuk.

  1. Kanker perut

Kelebihan lemak tubuh bisa menyebabkan peradangan kronis, terutama di saluran pencernaan.

Hubungan antara kanker perut dan obesitas tidak mengejutkan karena mereka juga berkaitan dengan kanker kerongkongan dan merupakan bagian dari sistem yang sama.

Peradangan kronis yang bisa dipicu oleh obesitas bisa menyebabkan iritasi dari asam lambung yang kemudian bisa menyebabkan kanker.

  1. Kanker hati

Obesitas bisa menyebabkan perubahan pada hati yang terlihat seperti efek dari alkoholisme. Mekanismenya agak mirip dari sirosis yang menyebabkan kanker.

  1. Kantung empedu

Obesitas meningkatkan risiko seseorang memiliki batu empedu, deposito kecil kolesterol yang bisa menyebabkan peradangan di kandung empedu dan memiliki batu empedu tampaknya meningkatkan risiko seseorang terkena kanker kandung empedu.

  1. Kanker pankreas

Kita tahu obesitas bisa membuat produksi insulin terganggu. Gangguan proses metabolisme pada pankreas bisa menyebabkan peningkatan risiko kanker pankreas.

  1. Indung telur

Sel-sel lemak memproduksi estrogen ekstra pascamenopause dan hal ini tampaknya menjadi penyebab di balik risiko yang lebih besar dari kanker payudara dan kanker rahim pada wanita yang kelebihan berat badan. (Fajar/jpnn)

Click to comment
To Top