Analis Ini Yakin Kasus Makar Hanya Pengalihan Isu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Analis Ini Yakin Kasus Makar Hanya Pengalihan Isu

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Analis Ekonomi dan Politik Labor Institute Indonesia, Andy William Sinaga menilai, kasus dugaan makar yang menyeret sejumlah tokoh dan aktivis merupakan bentuk pengalihan isu.

Penangkapan 11 tokoh dan aktivis yang diduga melakukan tindak pidana pemufakatan jahat untuk makar, telah menggiring opini publik dari kasus Ahok ke kasus makar

“Menurut saya, kasus makar merupakan upaya mengalihkan kasus-kasus yang lagi hot saat ini, seperti kasus Ahok, import cangkul, pekerja Tiongkok dan import bahan-bahan pertanian yang menyengsarakan kaum petani,” ujar Andy, Jumat (9/12/2016).

Menurut Andy, penangkapan terhadap para tokoh dan aktivis yang diduga melakukan makar juga masih prematur. Pasalnya, para aktivis yang ditangkap adalah tokoh-tokoh yang tidak asing lagi di masyarakat, seperti putri Proklamator RI, Rachmawati Soekarnoputri dan Mantan Kepala Staf Kostrad Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zein.

“Saya yakin tokoh seperti Rachmawati dan Kivlan Zein tidak akan melakukan makar. Kivlan ini adalah salah satu orang dekat Prabowo Subianto,” imbuh Andy.

Dikatakan Andy, seharusnya pemerintah membuka ruang publik kepada para tokoh dan aktivis tersebut untuk berdialog. Biarkan mereka mengkritisi kebijakan pemerintah, bukan malah menangkapnya.

Menurut Andy, penangkapan terhadap para tokoh dan aktivis itu justru membungkam hak azasi manusia dalam hak berpikir, menyampaikan pendapat. dan hak politik.

“Sebaiknya para tokoh dan aktivis yang ditangkap dengan tuduhan makar ini melakukan praperadilan untuk melawan ketidakadilan,” tandas Andy. (Fajar/pojoksatu)

Click to comment
To Top