Basarnas: 99 Persen Sudah Tidak Ada Korban Tertimbun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Basarnas: 99 Persen Sudah Tidak Ada Korban Tertimbun

FAJAR.CO.ID, ACEH – Deputi Bidang Operasi SAR Basarnas, Mayjen TNI Heronimus Guru mengatakan mayoritas korban yang tertimbun bangunan runtuh telah dievakuasi.

Hal ini dia katakan setelah sebelumnya, pada Kamis 7 Desember lalu, Negeri Serambi Mekkah itu diguncang gempa dengan kekuatan 6,4 skala richter (SR), yang terjadi sekira pukul 05.03 WIB.

“Kami telah melakukan observasi di lapangan korban 99 persen sudah tidak ada,” ujar Heronimus di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jalan Pramuka Raya, Jakarta, Jumat (9/12).

Keyakinan Basarnas ini karena setelah dilakukan penyisiran dengan menggunakan life detector di Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Bireun, dan Kabupaten Pidie sudah tidak ada lagi korban yang ditemukan.

“Kita sudah lakukan pendeteksian ruko dan banguanan tinggi untuk memastikan dengan alat tersebut tidak ada korban lagi,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, untuk mencari korban yang terjebak direruntuhan bangunan, tim SAR gabungan akan menggunakan alat untuk mendeteksi sinyal ponsel genggam atau handphone.

Menurut dia, semua handphone yang masih aktif akan terlacak dengan alat tersebut di radius 100 meter persegi.

Pria kelahiran Boyolali, Jawa Tengah tersebut menambahkan, selain menggunakan sinyal handphone ada pula perangkat dengan menggunakan infra red dan temperatur suhu tubuh atau life detector. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top