2017, AFC Pastikan Indonesia dapat Slot di Liga Champions Asia, Tapi… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

2017, AFC Pastikan Indonesia dapat Slot di Liga Champions Asia, Tapi…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akhirnya merilis alokasi slot untuk ajang Liga Champions Asia (ACL) musim 2017. Di dalamnya, klub Indonesia mendapat jatah satu slot.

Disebutkan dalam rilis AFC pada Rabu (7/12) lalu, ada 24 klub dari 12 negara yang mendapat jatah tampil langsung di fase grup ACL.

Mereka yang akan mengirim wakil di fase grup ACL antara lain Uni Emira Arab (3 wakil), Arab Saudi (3), Korea Selatan (3), Jepang (3), Iran (2), Qatar (2), Tiongkok (2), Australia (2), Uzbekistan (1), Irak (1), Thailand (1), dan Hong Kong (1).

Sementara untuk wakil-wakil yang tampil sejak babak kualifikasi/playoff antara lain: Iran (2), Qatar (2), Uzbekistan (2), Tiongkok (2), Thailand (2), UEA (1 klub), Arab Saudi (1), Irak (1), Kuwait (1), Suriah (1), Jordania (1), India (1), Bahrain (1), Lebanon (1), Korsel (1), Jepang (1), Australia (1), Hong Kong (1), Vietnam (1), Malaysia (1), Indonesia (1), Myanmar (1), Filipina (1), dan Singapura (1).

Namun, dua wakil dari Irak masing-masing di fase grup dan babak kualifikasi dianggap tidak memenuhi kriteria AFC Club Licensing sehingga batal tampil di ACL. Begitu pula dengan satu wakil dari Suriah dan Lebanon.

Sementara itu, wakil Kuwait dieliminasi sejak awal karena asosiasinya tengah menjalani hukuman dari FIFA, seperti yang pernah dialami Indonesia.

Mirisnya, meski Indonesia disebutkan memiliki jatah satu slot untuk tampil di ACL, tapi pihak AFC membuat catatan kecil. Menurut mereka, belum ada satu pun klub yang sudah didaftarkan oleh pihak asosiasi bersangkutan, dalam hal ini PSSI.

Note: Indonesia have not submitted any club entry,” bunyi keterangan tambahan dari AFC.

“Wakil Ketua Umum PSSI periode 2016-2020, Joko Driyono menyebutkan, AFC sebenarnya sudah memberi informasi mengenai hal itu. Namun, dari pihak PSSI belum memberi respons sehingga posisi wakil Indonesia di ACL menjadi terancam.

“AFC mengatakan sebenarnya (PSSI) diingatkan beberapa kali karena tidak ada respons. AFC telah membuat keputusan, tentu ini kami sedih,” ucap Joko, Jumat (9/12), mengisyaratkan kalau Indonesia dipastikan gagal mengirim wakil ke ACL.

Seperti diketahui, kebingungan memang tengah melanda sepak bola Indonesia. Sejak disaksi FIFA, tak ada kompetisi resmi yang menjdi rujukan mengenai siapa yang akan mewakili Indonesia di pentas Asia. Selain itu, PSSI pun baru saja melakukan pergantian kepengurusan setelah terbebas dari sanksi FIFA.

Jokdri -sapaan akrab Joko Driyono- menegaskan, jika mengacu kepada kondisi sebelumnya saat Indonesia belum terkena sanksi, berarti Persib selaku juara terakhir Indonesia Super League, berhak mewakili Indoneia di ACL tahun depan.

Sementara untuk wakil Indonesia pada tahun berikutnya diharapkan tak ada masalah karena ISL rencananya akan bergulir lagi pada 2017. “Kalau untuk wakil pada 2018 mengacu kepada kompetisi di 2017,” tandas Jokdri. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top