Kejagung Dinilai Tak Serius Kaji Berkas Perkara Si Penista Agama – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Kejagung Dinilai Tak Serius Kaji Berkas Perkara Si Penista Agama

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Badan Pengurus Setara Institute, Hendardi menyatakan bahwa Kejaksaan Agung tidak serius dalam mengkaji berkas perkara dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Terbukti, kejaksaan hanya memakan waktu singkat untuk langsung melimpahkan berkas itu ke pengadilan.

“Bayangkan untuk 826 halaman berkas hanya tiga hari proses P-21 (berkas lengkap). Dalam waktu dua jam sudah dilempar ke aparat Pengadilan Negeri Jakarta Utara,” kata Hendardi dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta, Sabtu (10/12).

Menurut Hendardi, setidakny aparat penegak hukum memiliki waktu 14 hari untuk mengkaji berkas perkara dan dilimpahkan ke pengadilan. Namun, lain halnya dengan kasus Ahok.

Bahkan, aktivis pegiat Hak Asasi Manusia (HAM) itu menilai kecepatan kejaksaan dalam menyikapi perkara Ahok, itu bertolak belakang dengan banyaknya kasus HAM yang mandek di kejaksaan.

“Bolak-balik P-19 dikembalikan ke polisi atau Komnas HAM. Ini bukan pekerjaan jaksa agung, ini pekerjaan tukang pos atau tukang ojek kalau kerjaannya cepat gitu,” kata dia.

Hendardi pun menyinggung kerja Korps Adhyaksa yang minim prestasi. Selain, eksekusi hukuman mati bagi terpidana narkoba.

“Itu juga enggak ada manfaat, tapi mudarat. Kalau ingin memperlihatkan jaksa bekerja cepat itu bertentangan dengan alasan ini. Justru ini bukan bekerja serius,” pungkasnya. (Fajar/jpg)

To Top