Ini Cara Sehat Berhenti Merokok, Patut Dicoba – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Ini Cara Sehat Berhenti Merokok, Patut Dicoba

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Niat ingin berhento merokok kadang terbentur dengan cara memainya. Nah.. Cara ini mungkin bisa menjadi solusinya.

Sebuah studi menunjukkan yoga bisa menyembuhkan kecanduan pada tembakau.

Penelitian di India yang dimuat dalam Indian Journal of Private Psychiatry menemukan fakta 62 persen dari pecandu tembakau yang menghadiri kelas yoga bisa berhenti dari ketagihan nikotin dalam waktu satu bulan.

Penelitian yang dimulai pada awal 2014 melakukan tes pada 1.021 pecandu tembakau. Metodenya adalah Raja Yogi Lifestyle.

Hasilnya, perokok tidak akan kambuh lagi setelah berhenti dari kebiasaan buruk itu melalui meditasi. Ada 62 persen perokok yang telah berhenti merokok dalam satu bulan.

Selain itu ada 7,49 persen yang berhenti merokok setelah mengikuti yoga dalam kurun 2-6 bulan. Sedangkan 15,47 persen yang berhenti merokok setelah 12 bulan.

“Temuan studi ini menyimpulkan bahwa Raja Yogi lifestyle yang mencakup yoga dan meditasi efektif dalam manajemen dan pencegahan kekambuhan di antara pecandu tembakau,” kata Valsalan Nair, seorang dokter yang terkait dengan sekte Brahma Kumaris seperti dilansir laman Care2, Sabtu (10/12).

Menurut penelitian itu, selain meditasi juga ada hal lain yang berkontribusi pada upaya menghentikan kebiasaan merokok. Yakni berpikir positif.

loading...
Click to comment
To Top