Lewat Aplikasi Ini, Bahrun Naim Ajarkan Anak Buahnya Ciptakan Bom – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Lewat Aplikasi Ini, Bahrun Naim Ajarkan Anak Buahnya Ciptakan Bom

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap pelaku teror bom di Bekasi, Jawa Barat, dan Karanganyar, Jawa Tengah.

Mereka diketahui merupakan bagian kecil atau sel-sel dari jaringan Anshorut Daulah Khilafah Nusantara (JAKDN) pimpinan Bahrun Naim yang terafiliasi dengan ISIS di Suriah.

Kabag Mitra Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Kombes Awi Setiyono mengungkapkan kelompok-kelompok kecil yang dibentuk Bahrun Naim ini intens melakukan komunikasi dengan Bahrun Naim yang berada di Suriah.

Salah satu komunikasi yang dilakukan yakni melalui aplikasi Telegram guna mendapatkan ilmu cara membuat bom.

“Mereka pun belajarnya melalui BN, melalui komunikasi, melalui Telegram. yang bersangkutan dikasih tahu membuat bomnya melalui telegram. Ini memang sel baru,” ujar Awi di Mabes Polri, Jakarta, Minggu (11/12).

Menurut dia, dari aplikasi itu, Bahrun Naim secara intens memberikan update-update cara membuat bom, dan ini yang sedang coba ditelusuri Polri.

Awi menambahkan, anggota-anggota dari jaringan Bahrun Naim ini juga kerap diberikan motivasi dari juru bicara Daulah Islamiyah untuk melakukan amaliyah atau aksi bom bunuh diri di negeri masing-masing.

Hal ini dilakukan bila memang mereka belum mampu berhijrah untuk berjihad langsung di Suriah. Termasuk yang dilakukan pelaku teror bom yang baru saja ditangkap di Bekasi kemarin.

“Mereka termotivasi dari jubir Daulah Islamiyah, kalau kalian belum mampu hijrah ke Suriah, membuat amaliyah di negeri masing-masing semampunya. Ini yang memotivasi mereka, ini hasil dari penyidikan tadi malam,” tuntas dia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top