Ini Para Hakim yang Akan Sidangkan Kasus Ahok Besok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Ini Para Hakim yang Akan Sidangkan Kasus Ahok Besok

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Lima hakim ini akan memipin proses sidang perdana Basuki Tjahaja Purnama, tersangka kasus dugaan penistaan agama, besok, Selasa (13/12).

Humas Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, Hasoloan Sianturi mengatakan, sidang dugaan penistaan agama itu akan dipimpin oleh Dwiharso Budi Santiarto, selaku hakim ketua.

Nantinya Dwiharso Budi Santiarto akan didampingi oleh empat hakim anggota, yakni Abdul Rosyad, Joseph V Rahantoknam, dan I Wayan Wirjana.

“Mereka akan pimpin sidang itu,” ujar Hasoloan saat dihubungi, Senin (12/12).

Kata Hasoloan Sianturi, sidang perkara dugaan penistaan agama akan digelar secara terbuka. Semua pihak juga bisa mengawal jalannya sidang itu. Namun tidak semua orang bisa meyaksikan jalannya sidang karena terbatasnya kapasitas ruangan sidang.

“Siapa pun boleh masuk tetapi perlu dicatat yang terbatas ruang persidangan,” katanya.

Sidang perdana kasus Ahok akan digelar pada Selasa, 13 Desember 2016, di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, yang berlokasi di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat.

Sekadar informasi, kasus dugaan penistaan agama ini bermula saat Gubernur DKI Jakarta Ahok dalam kunjungannya ke Kepulauan Seribu mengimbau masyarakat agar tidak terpengaruh dengan politisasi ayat suci Alquran menggunakan Surah Al-Maidah ayat 51.

Dalam ayat tersebut mengharuskan umat Islam tidak memilih pemimpin non-muslim.

Setelah itu, dugaan penistaan agama menyedot perhatian publik dan terjadi aksi unjuk rasa besar, tak lama berselang mantan politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Polri. (Fajar/JPG)

To Top