Sidang Ahok Dijaga Super Ketat, Seperti Ini Pola Pengamanannya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Jabodetabek

Sidang Ahok Dijaga Super Ketat, Seperti Ini Pola Pengamanannya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Polda Metro Jaya menyiapkan strategi pengamanan sidang perdana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Dia bakal duduk di kursi pesakitan dengan status terdakwa kasus dugaan penistaan agama.

Pengamanan yang dilakukan nantinya bakal berpola terbuka dan tertutup. Hal ini atas permintaan dari Pengadilan Negeri Jakarta Utara selaku pihak yang menyidangkan Ahok.

“Atas permohonan PN Jakut, maka Polda Metro Jaya sebagai delik lokusnya untuk menurunkan personelnya untuk melakukan pengamanan,” ucap Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri Senin (12/12).

Selain menurunkan personel berseragam, Polda Metro Jaya juga mengerahkan personel berpakaian preman yang akan melakukan pengamanan secara tertutup.

“Pola pengamanan ini dilakukan terbuka dan tertutup. Pola pengamanan terbuka secara fisik bisa diketahui identitas, kelengkapan persenjataan dan atributnya,” ungkap Martinus.

Pengamanan tertutup dilakukan oleh anggota reserse dan intel. “Pengamanan pola tertutup tidak bisa diketahui karena akan berbaur dengan pengunjung di lokasi itu,” terang Martinus.

Martinus mengimbau pengunjung untuk tidak memaksakan masuk ke ruang sidang. Sebab, kapasitas ruang sidang sendiri sangat terbatas.

“Pengunjung kapasitasnya 80 orang, maksimal 100 orang dan tentu masyarakat yang akan hadir diimbau untuk bisa mewakilkan mereka yang akan hadir karena kapasitas yang sangat terbatas yaitu maksimal 100 orang yang hadir,” lanjut Martinus.

Masyarakat yang tidak dapat menyaksikan persidangan secara langsung di ruang sidang diberikan fasilitas televisi.

“Kalaupun akan hadir akan disiapkan televisi di beberapa titik di luar gedung sidang sebagai upaya menyampaikan informasi yang bisa diteruskan dari ruang sidang pengadilan,” tukas dia. (Fajar/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top