Teror Makin Marak, DPR Minta BNPT Diperkuat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Teror Makin Marak, DPR Minta BNPT Diperkuat

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – DPR meminta adanya penguatan terhadap Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Diharapkan lembaga itu sebagai leading sector dalam pemberantasan terorisme.

Ketua Panja revisi UU tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, Muhammad Syafi’i mengatakan, selama ini fungsi BNPT sifatnya hanya koordinasi pada level operasional. DPR menginginkan agar kewenangan itu diperluas di level kebijakan.

“Kita ingin dia punya penguatan dalam level pengambil kebijakan,” ujar Muhammad Syafi’i di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/12).

Perlunya BNPT menjadi leading sector lantaran pemberantasan teroris kini melalui revisi UU Terorisme sifatnya tidak hanya penindakan. Namun juga pencegahan dan penaganan pasca peristiwa.

Permintaan DPR itu disambut baik pemerintah melalui Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

“Kami sejak awal memerlukan pembahasan ini. Memang sekarang fungsi koordinasi ada di BNPT. Bahwa perlu dikuatkan bagaimana peran masing-masing lembaga di bawah koordinasi BNPT, kita lihat,” sebutnya.

Pemerintah akan serius membahas ini dalam revisi UU terorisme yang kini diseriusi di Panja. “Kita betul-betul bahas. Kami belum baca DIM, nanti setelah kami baca dulu, setelah itu baru komentar yang lebih utuh,” pungkas Yasonna. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top