MK Tolak Uji Materi UU Tax Amnesty, Ini Reaksi Misbakhun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

MK Tolak Uji Materi UU Tax Amnesty, Ini Reaksi Misbakhun

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak seluruh permohonan uji materi atas UU Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak disambut baik Anggota Komisi XI DPR Muhamad Misbakhun.

Menurut Politisi Golkar itu, putusan MK itu menjadi bukti bahwa UU yang lebih dikenal dengan sebutan tax amnesty itu sudah sejalan dengan konstitusi.

“Artinya seluruh proses pembahasan UU Tax Amnesty sah dan konstitusional,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/12).

Apalagi, katanya, UU Tax Amnesty merupakan solusi yang ditawarkan Presiden Joko Widodo untuk mengatasi persoalan perpajakan. UU itu juga mendapat dukungan DPR.

“UU Tax Amnesty merupakan ide besar Presiden Jokowi untuk mencari jalan keluar atas permasalahan stagnansi tax ratio dan tax base yang terbatas,” tegas Misbakhun.

Kenyataannya, tax amnesty sudah terbukti menjadi solusi atas penerimaan pajak yang seret sehingga defisit APBN terlalu besar.

Karenanya, Misbakhun berharap putusan MK semakin memperkuat program tax amnesty yang akan berakhir pada 31 Maret  2017.

Namun, legislator asal Pasuruan, Jawa Timur itu juga mengingatkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan agar benar-benar memanfaatkan putusan MK untuk menggenjot program tax amnesty.

“Dengan demikian target tax amnesty tercapai. Meskipun ini memang menjadi tantangan bagi Kemenkeu untuk bekerja keras. Masih ada waktu hingga 31 Maret 2017 untuk menyukseskan tax amnesty,” pungkas mantan pegawai Dirjen Pajak itu.

loading...
Click to comment
To Top