Revisi UU ASN Resmi Masuk Prolegnas, Dibahas Saat Reses – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Revisi UU ASN Resmi Masuk Prolegnas, Dibahas Saat Reses

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tuntutan massa yang terdiri dari pegawai honorer, pegawai pemerintah bersatus tidak tetap, pegawai tetap non-PNS dan pegawai kontrak, dipenuhi DPR. Lembaga legislatif itu akan menindaklanjuti segera revisi UU Aparatur Sipil Negara (ASN) usai dibacakan dalam rapat paripurna sebagai program legislasi (Prolegnas) 2017, hari ini, Kamis (15/12).

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan, setelah ini, pengusul revisi UU ASN akan melakukan harmonisasi dengan Badan Legislasi (Bales). Baru setelahnya diserahkan kepada pimpinan DPR.

Dia mengaku akan membawa usulan revisi itu ke rapat pimpinan segera untuk dijadwalkan di Badan Musyawarah. “Saya yang bawa suratnya nanti,” ujar Fahri saat menemui perwakilan Komite Nasional Revisi UU ASN

Dia berharap rapat pimpinan DPR tidak perlu menunggu waktu massa reses berakhir. “Dalam reses juga akan rapat sehingga kita bisa menindaklanjuti jika ada hal yang mendesak pada masa reses. Sehingga Bamus bisa menetapkan pada awal masa sidang tanggal 10 atau 11 Januari, sudah bisa dibawa ke paripurna sebagai RUU usul inisiatif DPR,” sebut legislator asal NTB itu.

Usai pengesahan sebagai usul inisiatif nantinya, DPR akan langsung berkirim surat kepada Presiden Joko Widodo untuk mengirim utusannya membahas revisi tersebut. “Setelah ada pembahasan, itu struggle kita berikutnya agar apa yang kita usulkan, masuk dalam batang tubuh undang-undang,” pungkas Fahri.

Sebelumnya, ribuan buruh menggelar aksi di Depan Gedung DPR menuntut agar revisi UU ASN ditindaklanjuti. Mendengar aspirasi tersebut, Anggota Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka menyampaikannya dalam rapat paripurna hari ini.

Sebagai pengusul revisi UU ASN, Rieke mengatakan bahwa sesungguhnya revisi itu sudah diharmonisasi di Baleg untuk disahkan sebagai usul inisiatif DPR. Sehingga, bisa dibahas pada masa sidang berikutnya. Karenanya, dia meminta waktu ke pada pimpinan dewan agar rapat diskors untuk membicarakan hal tersebut.

Memang permintaan skors tidak hanya menyangkut revisi UU ASN, namun juga terkait revisi UU MD3.

Lobi antar pimpinan fraksi akhirnya dilakukan di dalam sidang paripurna selama beberapa menit. Lantas, disepakati usulan revisi UU ASN diterima dengan ketentuan akan digelar rapat satuan tugas yang ditunjuk untuk membahasnya pada masa reses. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top