Yusril Tegaskan Rachmawati Tak Punya Niat Gulingkan Pemerintah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Yusril Tegaskan Rachmawati Tak Punya Niat Gulingkan Pemerintah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kuasa hukum para aktivis yang dijadikan tersangka makar, Yusril Ihza Mahendra menegaskan bahwa kilennya sama sekali tak melakukan apa yang dituduhkan aparat.

Sebagai kuasa hukum Rachmawati Soekarnoputri dan Ratna Sarumpaet, Yusril menilai apa yang dilakukan mereka hanya sebatas penyampaian aspirasi.

Menurut Yusril, keinginan tokoh-tokoh itu adalah menyampaikan aspirasi agar MPR kembali ke UUD 1945. Apa yang mereka lakukan pun, lanjut dia, sebenarnya belum sampai kepada tingkat yang dapat dikatakan sebagai percobaan untuk melakukan tindakan makar.

“Saya sudah bicara panjang dengan Ibu Ratna dan Ibu Rachmawati. Pada intinya kami menginginkan masalah ini selesai begitu saja, setelah dikumpulkan hasil-hasil pemeriksaan dan diverifikasi bahwa tidak ada maksud melakukan makar, mudah-mudahan kasus ini bisa dihentikan sesegera mungkin. Itulah yang menjadi pemikiran kami,” terang Yusril di Kantornya, Jalan Casablanca, Jakarta Selatan, Kamis (15/12).

Terkait Sri Bintang Pamungkas, Yusril mengaku belum bertemu, baru hari ini pihaknya menenerima naskah surat kuasa tambahan.

“Jadi kami akan ikut menjadi tim pembela Pak Sri Bintang Pamungkas. Mungkin dari dialog besok dengan beliau itu nanti kita akan dapat mengetahui apa sebenarnya maksud dan motif yang sesungguhnya dari ucapan-ucapan, rapat ataupun diskusi yang beliau lakukan. Tapi kami sudah dapat memastikan terhadap Ibu Ratna Sarumpaet dan Ibu Rachmawati itu tidak ada maksud menggulingkan pemerintahan yang sah,” beber dia.

Terkait dengan Jamran dan Rizal, kata Yusril, mereka hanya terkait dengan UU ITE dan tidak terkait kasus makar.

Namun yang bersangkutan sudah dimintai keterangan beberapa kali sebagai saksi terkait kasus Sri Bintang Pamungkas.

“Terhadap beberapa orang juga dilakukan pemeriksaan, misalnya untuk tersangka Ibu Rcahmawati ataupun Ibu Ratna Sarumpaet yang kami sendiri belum tahu apa maksud dari pemeriksaan-pemeriksaan itu, tapi kami telah menyampaikan satu pendirian, satu komitmen  bahwa tidak ada maksud dalam hal ini untuk melakukan makar,” tandasnya. (Fajar/rmol/JPG)

To Top