Menghilang, Wakil Ketua DPR Sekarang Jadi Buronan, Ini Orangnya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Menghilang, Wakil Ketua DPR Sekarang Jadi Buronan, Ini Orangnya

ilustrasi

FAJAR.CO.ID, BONTANG – Disebut-sebut raib,Kejaksaan Negeri (Kejari) Bontang kini memburu Dody Rondonuwu. Dari empat terpidana kasus korupsi berjamaah DPRD Bontang periode 2000–2004 yang dijatuhi vonis oleh Pengadilan Negeri (PN) Bontang, hanya dia yang belum dieksekusi.

Eksekusi itu berdasarkan surat 90/Pen.Pid.Tpk/2016/PT.SMR yang dikeluarkan Pengadilan Tinggi (PT) Kaltim pada 3 Oktober 2016. “Kami sudah membentuk tim untuk mencari keberadaan Dody,” kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bontang Budi Setyadi. Untuk mencari keberadaan politikus PDIP itu, Kejari bekerja sama dengan Adhyaksa Monitoring Center (AMC). “Biasanya begitu. Kasus Tenggarong juga begitu (menggandeng AMC, Red). Merpati terbang jauh-jauh, pasti pulang ke rumahnya sendiri,” jelasnya.

dpr

Dody Rondonuwu

Budi menegaskan, meski wakil ketua DPRD Kaltim itu masih buron, tidak membuat proses hukumnya berhenti. Dody memang mengajukan banding ke PT Kaltim setelah PN Bontang memvonisnya 14 bulan penjara plus denda Rp 50 juta.

“Kalau Dody tahu, dia harusnya terima saja penahanan ini. Jadi nanti bisa dikurangi masa tahanan. Kalau sekarang ini kan tidak bisa,” tuturnya.

Kejari Bontang sebelumnya sudah memanggil Dody sebanyak tiga kali. Namun, dia tak kunjung memenuhi panggilan. Ketika panggilan pertama, Dody diketahui masih menjalani perawatan di rumah sakit di Jakarta.

Sebelumnya Kejari sudah lebih dulu mengeksekusi Asriansyah, M Nurdin, dan Yohanes Maru Dhara. Ketiganya kini menghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas III Bontang. Bersama Dody, mereka sama-sama menjalani persidangan di PN Bontang. (edw/ica/k8)

To Top