Dua Penyakit Ini Bikin Beban Klaim BPJS Meningkat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Jabodetabek

Dua Penyakit Ini Bikin Beban Klaim BPJS Meningkat

FAJAR.CO.ID, DEPOK – Penyakit akibat gaya hidup semakin menjadi beban tunggakan klaim jaminan kesehatan.

Pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dengan penyakit degeneratif, ternyata menyerap klaim yang tinggi.

Sebut saja diabetes, kolesterol, ginjal, hingga jantung. Untuk pengobatan pasien diabetes misalnya, perlu pengobatan rutin dengan minum obat setiap hari.

“Betul memang. Tren penyakit degeneratif meningkat, prevalensi diabetisi makin tinggi, akibat gaya hidup meningkat karena tak disiplin,” kata Direktur RS Puri Cinere Judiwan D Maswar di Depok, Sabtu (17/12).

Judiwan menambahkan banyak masyarakat sekarang tidak menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hal itu juga mendorong berbagai penyakit menular berkembang.

Untuk menekan jumlah pasien penyakit degeneratif, RS Puri Cinere mempunyai komunitas diabetes dan senam diabetisi. Selain itu optimalisasi klinik kaki penyandang diabetes juga terus dilakukan.

“Ada juga klinik kaki pencegah ulkus diabetikum. Kita jalani pencegahan bukan saat sudah sakit. Senam diabetes juga memberi pemahaman meski penyandang diabetes juga sudah lama kan, sudah kambuhan biasanya,” katanya.

Judiwan menjelaskan tak hanya penyakit diabetes, tetapi penyakit gagal ginjal kini juga sudah bergeser ke usia muda. Dia meminta masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan pola makan, istirahat, dan manajemen stres yang baik.

“Pasien kami rata lah, ada banyak penderita degeneratif juga banyak. Diabetes dan gagal ginjal bergeser di usia 20 tahunan karena sekarang banyak orang minuman penguat segala macam penambah energi,” tuturnya. (Fajar/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top