Huh! Indonesia Gagal Rebut Juara, Menpora Bilang Begini… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

Huh! Indonesia Gagal Rebut Juara, Menpora Bilang Begini…

JAKARTA–  Kegagalan Indonesia meraih gelar juara Piala AFF untuk pertama kalinya, menyisakan duka bagi Bangsa Indonesia. Tak terkecuali Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

Imam Nahrawi sedih dengan kakalahan 0-2 yang dialami Timnas Garuda di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016) malam yang membuat Indonesia gagal jadi juara. Padahal pada leg pertama sudah menang 2-1.

“Kalah itu rasanya sakit. Siapa yang tidak ingin menang. Kita sudah lama tidak pernah juara. Apalagi di leg pertama kita menang,” ujar Imam usai nonton bareng di Kantor Kemenpora, Jakarta, Sabtu (17/12).

Imam Nahrawi juga menanggapi strategi yang diterapkan Alfred Riedl pada pertandingan tadi malam. Ia menyesalkan startegi bertahan yang ditampilkan Manahati Lestusen dkk yang membuat para pemain Thailand leluasa menggempur pertahanan Indonesia dari semua lini.

Padahal sejak awal, Imam berharap Indonesia kembali menampilkan gaya permainan seperti pada leg pertama di Stadion Pakansari. Di mana kala itu, Timnas Garuda mampu mengimbangi permainan Thailand karena keluar menyerang dan tampil agresif.

“Tapi kok tadi di leg kedua lama-lama merubah strategi. Kita jadi bertahan,” ucap Imam.

“Padahal di leg pertama kita menyerang dan itu membuat Thailand jadi grogi. Tapi tadi semua berubah. Sedih sekali,” tutupnya.

Pada final Piala AFF 2016, Indonesia sempat membuka asa jadi juara setelah menang 2-1 di leg pertama. Sayang pada leg kedua, brace Siroch Chatthong menamatkan perlawanan Tim Merah Putih dengan memastikan Thailand menang dengan aggregat 3-2.

Kemenangan ini menahbiskan Thailand sebagai raja Asia Tenggara. Tim Gajah Perang itu kini menjadi pengoleksi gelar Piala AFF terbanyak, lima kali.

Hanya Singapura yang jadi saingan Thailand dengan koleksi empat gelar. Sejak turnamen dua tahunan ini diadakan, 1996, Thailand jadi kampiun pada edisi pertama itu, kemudian tahun 2000, 2002, 2014 dan 2016.

Selain Thailand dan Singapura, hanya Vietnam dan Malaysia yang sempat mengganggu dominasi mereka. Yaitu pada edisi 2008 dan 2010.

Sementara Indonesia menegaskan diri sebagai ‘raja runner up’, sebab Timnas Garuda sudah lima kali tampil di final dan selalu gagal jadi juara. (pojoksatu/fajar)

loading...
Click to comment
To Top