Banyak Kelemahan, DPR Akan Evaluasi Ulang Kebijakan Bebas Visa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Banyak Kelemahan, DPR Akan Evaluasi Ulang Kebijakan Bebas Visa

ilustrasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- DPR menjadwalkan rapat kerja untuk mengevaluasi kebijakan bebas visa di awal tahun 2017. Apalagi, kebijakan itu sudah berjalan hampir selama setahun.

“Ketika bebas visa dilaunching pemerintah, kita sudah minta dan pemerintah menyanggupi satu tahun jalannya kebijakan itu akan dievaluasi. Awal tahun depan akan kita evaluasi,” ujar Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (20/12).

Sejumlah kementerian akan dimintai laporan evaluasinya terkait kebijakan bebas visa tersebut. “Kita sudah programkan awal tahun depan Kemenlu, Kemenaker, dan Kementerian Pariwisata,” tuturnya.

Selama hampir satu tahun ini, pria yang akrab disapa Kang TB itu menilai bahwa kebijakan bebas visa banyak dimanfaatkan warga negara asing (WNA) untuk bekerja dan tinggal di Indonesia.

Salah satu faktor pelanggaran yang dilakukan WNA itu karena kurangnya pengawasan. Kata Kang TB, seharusnya diperkenankan sweeping oleh dinas kependudukan atau ketenagakerjaan untuk menemukan WNA ilegal atau over stay dari massa berlakunya visa.

“Harus disweeping, jangan Ormas yang sweeping tapi dinas kependudukan atau ketenagakerjaan,” sebutnya.

Sementara, politikus PDIP itu mengatakan, pengawasan di pihak imigrasi juga tidak maksimal. Faktornya, mereka kekurangan sumber daya manusia (SDM) untuk mengawasi WNA yang jumlahnya menjamur di Indonesia.

“Keluhan dari imigrasi, SDM enggak cukup,” pungkas Kang TB. (fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top