Riedl Rekomendasikan Widodo Jadi Pelatih Timnas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

Riedl Rekomendasikan Widodo Jadi Pelatih Timnas

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Nama Widodo Cahyono Putro mencuat sebagai salah satu kandidat pelatih Timnas Indonesia untuk menggantikan Alfred Riedl. Bahkan, namanya termasuk salah satu yang direkomendasikan langsung oleh Riedl.

Selain Widodo, nama lain yang masuk rekomendasi Riedl adalah Wolfgang Pikal dan Hans Peter Schaller. Terkait kabar itu, Widodo ogah berandai-andai. Apalagi kini statusnya masih menjadi pelatih kepala Sriwijaya FC.

“Saya tidak mau berandai-andai soal itu, kalau ada keputusan resminya baru saya bicara,” ujar pelatih asal Cilacap, Jawa Tengah ketika dihubungi RMOL Sumsel (Jawa Pos Group), Senin (19/12).

Menurutnya, sah-sah saja jika Riedl merekomendasikan nama pelatih. Namun dirinya merasa belum pas untuk menukangi timnas Indonesia. “Itukan bisa-bisanya coach Alfred Riedl saja, mungkin karena dia lebih mengenal tiga pelatih itu saja,” katanya.

“Saya saja bawa SFC nggak juara masa masuk pelatih timnas, kan masih ada pelatih-pelatih yang bagus,” sambungnya.

Widodo adalah satu-satunya nama lokal yang disebut Riedl sebagai sosok yang layak menjadi pelatih timnas Indonesia. Hal itu bisa dimaklumi mengingat Riedl sudah begitu mengenal pelatih berusia 46 tahun tersebut.

Keunggulan Widodo dibandingkan dua kandidat lain adalah dia memiliki pengalaman mumpuni sebagai pemain dan tim pelatih. Saat menjadi pemain, namanya bersinar bersama Petrokimia Putra Gresik dalam dua periode.

Bicara soal ilmu kepelatihan, dia sudah mulai melatih Petrokimia Putra Gresik pada 2004. Pada 2005-2006, dia mulai menjalani tugas sebagai spesialis asisten pelatih timnas Indonesia. Tercatat, dia sempat menjadi asisten pelatih timnas Indonesia di kualifikasi Olimpiade 2008.

Setelah itu, dia juga sempat menjadi asisten pelatih di SEA Games 2007 dan kualifikasi Piala Asia 2011. Setelah itu, dia sempat rehat menjadi asisten pelatih di timnas saat menukangi Persela Lamongan. Namun, dia kembali menjadi langganan Riedl untuk Piala AFF 2010 dan 2014.

Baru di Piala AFF 2016, namanya tak masuk dalam daftar asisten Riedl di Timnas Indonesia. Itu karena Widodo tengah berada dalam kontrak sebagai pelatih Sriwijaya FC.

Sebelum PSSI kembali menunjuk Riedl, namanya juga sempat masuk dalam daftar kandidat pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. (Fajar/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top