WHO: Indonesia Negara ke-3 Terbesar Penderita Kusta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

WHO: Indonesia Negara ke-3 Terbesar Penderita Kusta

FAJAR.CO.ID, SUBANG – Organisasi Kesehatna Dunia (WHO) prihatin dengan kurangnya perhatian kepada penderita penyakit kusta.

Menurut Chairman WHO Goodwill Ambassador for Leprosy Elimination atau Duta Persahabatan WHO untuk Eliminiasi Kusta, Yohei Sasakawa dampak kusta pada penderitanya tidak kalah besar dibandingkan dengan penyakit lainnya.

Hal itu diungkapannya ketika melakukan kunjungan ke Kabupaten Subang, Jawa Barat.

“Tujuan utama (kami) ke sini adalah karena penyakit yang cenderung diperhatikan ialah penyakit AIDS, paru-paru, malaria dan lainnya.

tetapi penyakit kusta ini dianggap sudah sedikit dan terlupakan tetapi ternyata masih banyak yang mengidap penyakit kusta,” ujar di  Kantor Pemda Subang, Senin (19/12).

“Oleh karena itu, kami engajak kepada pemerintah dan masyarakat supaya tidak melupakan memperhatikan mereka (penderita kusta) maka saya ingin megingatkan bahwa pengidap penyakit kusta ini harus terus dijaga dan dikurangi,” lanjut dia.

Kemudian lanjut Sasakawa, tujuan lainnya dia ingin melihat langsung nasib penderita kusta dari dekat dalam menjalani hidupnya.

“Saya ingin melihat langsung dan berusaha meringankan beban yang mereka alami dan kesedihan-kesedihan yang mereka derita. saya ingin berbagi semangat kepada mereka secara langsung. Saya tidak ingin melihatnya dari jauh saja,” imbuhnya.

Sasakawa menyebutkan peran media sangat penting dalam mengurangi beban mental yang diderita penderita kusta.

“Saya rasa media bisa mengurangi beban yang dialami oleh penderita kusta seperti perlakuan diskriminatif,” katanya.

Dia menyebutkan Indonesia termasuk negara ketiga terbesar jumlah penderita kusta setelah India dan Brazil. Menargetkan dengan prevalensi hingga 1 orang penderita berbanding 10 ribu dari jumlah penduduk. (Fajar/rmol/JPG)

loading...
Click to comment
To Top